7 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Risiko Anda Mengalami Sembelit

Rabu, 05 April 2023 – 02:15 WIB
Ilustrasi kopi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK orang kini mengalami sembelit. Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang mengakibatkan penderitanya sulit buang air besar.

Tidak peduli berapa banyak waktu yang Anda habiskan di kamar kecil atau berapa banyak air yang Anda minum, kamu tidak bisa menyelesaikan masalah jika terus mengonsumsi makanan yang menyebabkan sembelit.

BACA JUGA: Atasi Sembelit dengan 10 Pengobatan Alami Ini

Cara terbaik untuk meningkatkan pergerakan usus Anda adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat secara teratur dan mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih baik.

Singkirkan obat pencahar dan obat-obatan lainnya, karena hanya memberikan kelonggaran sementara.

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Bikin Anda Makin Lapar

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze.com.

1. Pisang Hijau Mentah

Pisang, secara umum, sehat. Namun, pisang hijau mentah bisa menyebabkan sembelit.

BACA JUGA: Kolesterol Tinggi Bikin Khawatir, Segera Turunkan dengan 5 Minuman Ini

Inilah alasan mereka digunakan sebagai obat rumahan untuk sakit perut.

Sekitar 70-80 persen dari berat bersih pisang hijau adalah pati resisten, karbohidrat kompleks yang memiliki sifat seperti serat makanan.

Meskipun serat diketahui membantu meringankan sembelit, jenis serat makanan khusus ini sulit dicerna tubuh. Jadi, hindari konsumsi pisang hijau jika Anda sedang sembelit

2. Cokelat

Jumlah lemak yang sangat banyak dalam cokelat memperlambat pencernaan dan peristalsisi atau pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, sehingga menyebabkan sembelit.

Faktanya, biji kakao dengan sekam dikatakan mengurangi sembelit, tetapi karena kebanyakan cokelat susu tidak memilikinya, terlalu banyak cokelat atau produk cokelat bisa menyebabkan sembelit.

3. Kafein

Minuman yang mengandung kafein, termasuk minuman berenergi, kopi hitam, kopi dengan krim, kopi tanpa kafein, teh, teh dengan krim, cokelat panas, soda, dilarang keras untuk Anda.

Kafein cenderung menarik air dari usus besar saat dikonsumsi berlebihan.

Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas, kafein bisa merangsang buang air besar. Jadi, berhati-hatilah dengan jumlah kafein yang Anda konsumsi per hari.

4. Makanan Olahan dan Beku

Makanan olahan dan beku mungkin nyaman, tetapi berbahaya bagi Anda dalam segala hal.

Makanan seperti salami, sosis, makan malam beku, dan makanan siap saji sarat dengan bahan pengawet, tinggi kandungan natrium atau gula, dan menambah rasa dan warna.

Untuk mencerna semua zat aditif yang kompleks dan buatan ini, sistem pencernaan harus bekerja ekstra keras.

Ini, pada gilirannya, melemahkan sistem pencernaan, menyebabkan berbagai masalah usus, termasuk sembelit. Hentikan konsumsi makanan ini sekarang juga.

5. Gluten

Gluten adalah protein pengikat yang ditemukan dalam gandum, semolina, rye, dan barley. Ini memberi makanan bentuk dan menyatukannya.

Namun, mayoritas orang sensitif terhadap gluten dan mungkin menderita sembelit.

Tidak semua orang yang sensitif terhadap gluten mengalami konstipasi, tetapi mereka yang menderita penyakit celiac harus benar-benar menghindari produk gluten.

6. Kesemek

Kesemek adalah buah mirip tomat oranye yang lezat yang sarat dengan nutrisi, dan ada dua varietas, manis dan sepat.

Varietas astringen bisa menyebabkan konstipasi, dan itu karena mengandung banyak taninsi yang cenderung memperlambat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dan mengurangi sekresi usus.

Jadi, konsumsilah yang manis-manis dan bukan yang astringen.

7. Daging Merah

Mengonsumsi daging merah bisa menyebabkan sembelit karena tinggi lemak dan zat besi serta memiliki serat protein yang sulit dicerna.

Jadi, sebaiknya hindari konsumsi daging merah seperti daging sapi, daging giling, domba, daging rusa, sapi muda, dan kambing.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
sembelit    Makanan   minuman   gluten  

Terpopuler