7 Makanan ini Bisa Membantu Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Sabtu, 15 Oktober 2016 – 12:24 WIB
Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - PENYAKIT kanker prostat merupakan jenis penyakit yang menyerang pria usia lanjut. Kanker prostat kebanyakan menyerang pria di atas 60 tahun.

Namun sayangnya, sampai saat ini belum diketahui secara pasti cara mencegahnya. Meski begitu ada sejumlah makanan yang memiliki peranan penting dalam mencegah kanker prostat, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (13/10).

BACA JUGA: Tour de Siak 2016, Rasakan Eksotisme Trek di Kebun Sawit...

1. Brokoli.

Para ahli sepakat makan diet kaya sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, collard hijau dan kale adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal kanker prostat.

BACA JUGA: Ketahui 7 Hal yang Membuat Anda Lelah Tanpa Sebab Pasti

Sayuran ini tidak hanya rendah karbohidrat yang telah dikaitkan dengan kanker prostat, tapi mereka kaya akan antioksidan dan fitokimia yang bisa mencegah perubahan sel yang menyebabkan timbulnya kanker prostat.

2. Salmon.

BACA JUGA: 6 Hal ini tak Perlu Membuat Anda Merasa Bersalah

Orang-orang yang mengikuti diet mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat.

Salah satu pemain kunci dalam diet mediterania adalah ikan. Salmon, khususnya, merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3, suatu lemak tak jenuh ganda yang telah terbukti untuk menangkal kanker prostat. Pemenang lainnya termasuk sarden dan mackerel.

3. Kacang Brazil.

Salah satu mineral yang paling penting untuk perlindungan kanker prostat adalah selenium.

Kacang Brazil merupakan sumber yang kaya selenium. Hanya enam sampai delapan kacang Brazil mengandung lebih dari 700 persen dari nilai harian selenium Anda.

4. Tomat.

Tomat mengandung lycopene, sebuah karotenoid atau tanaman pigmen yang bisa mencegah kanker prostat.

Bahkan, pria yang makan 10 porsi buah tomat seminggu bisa mengurangi risiko kanker prostat sebesar 18 persen, sebuah studi dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menemukan.

Meskipun makan tomat mentah atau dimasak mungkin bermanfaat, studi menunjukkan bahwa lycopene lebih baik diserap ketika mereka dipasangkan dengan lemak.

5. Kenari.

Diet yang mencakup seluruh kenari atau minyak kenari memperlambat pertumbuhan kanker prostat pada tikus dan mengurangi tingkat hormon IGF-1, yang telah dikaitkan dengan kanker prostat, sebuah studi dalam Journal of Medicinal Food menemukan.

6. Kopi.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Causes and Control menemukan bahwa minum 4-5 cangkir kopi sehari dikaitkan dengan penurunan kanker prostat.

Tidak hanya kopi mengandung antioksidan, tapi kopi membantu Anda memetabolisme gula lebih efisien yang berhubungan dengan risiko lebih rendah terkena kanker prostat.

7. Wortel.

Pria yang makan tiga porsi wortel seminggu adalah 18 persen lebih kecil kemungkinannya mengembangkan kanker prostat. Wortel serta labu merupakan sumber yang kaya beta-karoten, suatu karotenoid yang diubah menjadi vitamin A dan memiliki sifat antioksidan.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Olahraga Bantu Memperbaiki Kerusakan Tubuh Akibat Minum Alkohol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler