7 Manfaat Cuka Sari Apel, Wanita Pasti Suka

Minggu, 25 Desember 2022 – 06:52 WIB
Ilustrasi cuka sari apel. Foto: Ist/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda pernah mengonsumsi cuka sari apel? Cuka sari apel biasanya digunakan dalam hidangan seperti salad.

Namun, manfaat cuka sari apel tentu tidak hanya itu saja. Cuka sari apel juga telah lama diketahui baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 3 Manfaat Cuka Sari Apel yang Tidak Terduga untuk Kesehatan

Apple cider vinegar (ACV) atau cuka sari apel dibuat dengan memfermentasi sari buah apel terlebih dahulu dengan bakteri dan ragi hingga berubah menjadi alkohol kemudian difermentasi kembali dengan bakteri pembentuk asam asetat sehingga berubah menjadi cuka.

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat tradisional dan pengobatan alternatif karena banyak manfaatnya.

BACA JUGA: 5 Fakta Mengejutkan Cuka Sari Apel

Dengan hanya 3 kalori per sendok makan, ACV sangat rendah kalori dan menyenangkan bagi pengamat berat badan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Femina.in.

BACA JUGA: Jangan Minum Langsung Cuka Sari Apel, Ini Penjelasannya

1. Antimikroba

Sifat cuka sari apel yang sangat asam efektif melawan berbagai jenis patogen dan inilah mengapa secara tradisional digunakan untuk membersihkan dan mensterilkan luka, mengobati jamur kuku, kutu, kutil dan infeksi telinga.

Sifat antimikroba dari cuka sari apel ini juga membuatnya menjadi pengawet yang bagus untuk makanan dan penelitian telah menunjukkan bahwa itu mencegah pertumbuhan mikroba seperti E. coli dalam makanan.

2. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu penggunaan cuka sari apel yang paling umum adalah melawan diabetes tipe 2 di mana kadar gula darah naik karena resistensi insulin atau karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin.

Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan sejumlah komplikasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka sari apel meningkatkan sensitivitas insulin selama makan tinggi karbohidrat sebesar 19–34 persen.

Studi lain menunjukkan bahwa cuka sari apel bisa menurunkan kadar gula darah hingga 31 persen setelah makan roti putih.

Namun studi lain menemukan bahwa tikus diabetes yang diberi cuka sari apel selama empat minggu telah secara signifikan mengurangi kadar gula darah.

3. Bantuan penurunan berat badan

Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa kita menyukai cuka sari apel.

Cuka sari apel sangat efektif dalam menjaga berat badan Anda tetap terkendali.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika Anda minum cuka sari apel dengan makanan tinggi karbohidrat, kamu merasa lebih kenyang dan kenyang.

Ini sebenarnya bisa menghentikan Anda dari makan 200–275 kalori ekstra selama sisa hari itu.

Lebih baik lagi, penelitian menunjukkan bahwa minum cuka sari apel secara teratur bisa membantu Anda menghilangkan lemak perut.

4. Menyehatkan jantung

Meskipun belum ada cukup penelitian pada manusia yang konklusif, penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa minum cuka sari apel yang diencerkan secara teratur bisa mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, tekanan darah, dan gula darah.

5. Bekerja pada refluks asam

Siapa pun yang menderita refluks asam tahu bagaimana hal itu bisa memengaruhi kualitas hidup Anda secara negatif.

Penyakit gastroesophageal reflux, juga dikenal sebagai GERD atau acid reflux, adalah suatu kondisi ketika asam dari perut Anda naik ke kerongkongan menyebabkan mulas, bersendawa, dan mual.

Karena kondisi ini terkadang disebabkan oleh kadar asam lambung yang rendah, menambahkannya dengan meminum cuka sari apel bisa membantu gejala Anda.

Ingatlah untuk mengencerkan dua sendok makan cuka sari apel dalam 250 ml air. Jangan pernah minum cuka sari apel dalam keadaan mentah.

6. Baik untuk pencernaan

Cuka sari apel terkenal karena perannya dalam meningkatkan kesehatan usus dengan memasukkan bakteri baik ke dalam sistem pencernaan Anda.

Ini juga meningkatkan kemampuan Anda untuk mencerna dan menyerap nutrisi.

Salah satu pengobatan rumah tertua untuk sakit perut adalah minuman yang dibuat dengan cuka sari apel dan air.

Sifat antimikroba dari cuka sari apel mempersingkat infeksi bakteri.

Pektin dalam cuka sari apel akan membantu mengontrol gerakan longgar dan meredakan kram perut. Campurkan dua sendok makan dalam 250 ml air atau jus apel.

Untuk manfaat probiotik, campurkan dua sendok makan cuka sari apel dengan makanan fermentasi seperti kombucha atau kefir.

7. Minuman detoks

Berlebihan berpesta dan butuh detoks cepat? Nah, sekali lagi cuka sari apel untuk menyelamatkan.

Minum larutan ajaib cuka sari apel dan air untuk menyeimbangkan pH Anda, mendorong drainase limfatik dan meningkatkan sirkulasi.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler