7 Manfaat Rutin Bermain Cinta, Bantu Turunkan Risiko Serangan Penyakit Ini.

Senin, 02 Oktober 2023 – 02:01 WIB
Pasangan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BERMAIN cinta merupakan salah satu cara yang dilakukan pasangan agar hubungan mereka makin erat.

Namun selain itu, ada manfaat lain yang pasangan bisa dapatkan dari bermain cinta.

BACA JUGA: Khusus Pasangan, 10 Makanan Terbaik Ini Bisa Anda Konsumsi Setelah Bermain Cinta

Menurut penelitian terbaru, bermain cinta secara teratur bisa meningkatkan kesejahteraan Anda dan pasangan.

Pasalnya, bermain cinta sama seperti aktivitas fisik lainnya dan manfaat yang diberikannya pada akhirnya bisa memperpanjang umur Anda.

BACA JUGA: 6 Khasiat Rutin Mengonsumsi Pepaya, Bikin Penyakit Ini Ogah Menyerang Anda

Berikut rincian manfaat utama dari hubungan seksual secara teratur, seperti dikutip laman Levitasclinic.com.

1. Meningkatkan Imunitas

Berpartisipasi dalam bermain cinta satu hingga dua kali seminggu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Reports.

BACA JUGA: 6 Khasiat Air Rebusan Daun Jeruk Nipis, Bikin Penyakit Ini Ambyar

Mereka menemukan bahwa orang yang berhubungan ranjang sekali atau dua kali seminggu mengalami peningkatan IgA (antibodi yang menunjukkan betapa kuatnya sistem kekebalan tubuh) sebesar 30 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Namun, Clifford Lowell dari University of California-San Francisco, juga mengatakan bahwa orang yang aktif secara seksual lebih banyak terpapar agen infeksi dibandingkan individu yang tidak aktif secara seksual.

Untungnya sistem kekebalan tubuh merespons agen infeksi ini dengan memproduksi lebih banyak IgA, yang bisa membantu melindungi terhadap pilek dan flu.

2. Manfaat Kardiovaskular

Aktivitas fisik yang melatih jantung baik untuk kesehatan Anda, dan idealnya kamu harus berolahraga tiga hingga lima kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung.

Sama seperti olahraga yang intens, gairah seksual meningkatkan detak jantung, dengan jumlah detak per menit mencapai puncaknya saat klimaks.

Pria khususnya, terbukti mendapat manfaat dari begituan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa pria berusia 50-an yang melakukan hubungan ranjang setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan pria yang lebih jarang begituan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Berhubungan ranjang secara teratur juga bisa menurunkan tekanan darah, terutama bagi wanita.

Wanita berusia antara 57 dan 85 tahun yang ikut serta dalam penelitian terbaru memiliki kemungkinan lebih kecil menderita hipertensi.

Tekanan darah tinggi tidak hanya meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, tetapi juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunkan libido.

4. Meredakan Sakit Kepala

Ahli saraf telah menemukan bahwa aktivitas seksual bisa meredakan sakit kepala yang berhubungan dengan migrain atau sakit kepala cluster pada beberapa orang, meskipun sakit kepala sering kali menjadi alasan untuk tidak berhubungan ranjang.

Penelitian yang dilakukan di Jerman menunjukkan bahwa 60 persen penderita migrain melaporkan adanya perbaikan rasa sakit setelah aktivitas seksual.

Selain itu, 37 persen penderita sakit kepala cluster melaporkan adanya perbaikan setelah melakukan hubungan ranjang.

Begituan bisa memicu pelepasan endorfin, obat penghilang rasa sakit alami tubuh.

Dalam penelitian lain yang dipublikasikan di Pain, wanita ditemukan mengalami penurunan sensitivitas rasa sakit dan peningkatan ambang toleransi rasa sakit saat merasakan kenikmatan melalui begituan penetrasi.

5. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Pria yang sering ejakulasi dikatakan terlindungi dari kanker prostat, yang merupakan kanker paling umum terjadi pada pria di Amerika Serikat.

Penelitian yang dipimpin oleh Micheal Leitzmann dari National Cancer Institute menemukan bahwa pria yang ejakulasi 21 kali per bulan atau lebih memiliki risiko sepertiga lebih kecil terkena kanker prostat dibandingkan pria yang ejakulasi antara empat dan tujuh kali per bulan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sekitar 16 juta orang dewasa di Inggris menderita beberapa jenis gangguan tidur.

Namun hal ini bisa diperbaiki dengan melakukan hubungan ranjang secara teratur.

Ini karena saat berhubungan seks dan klimaks, sejumlah bahan kimia dilepaskan di otak termasuk oksitosin, dopamin, dan aliran endorfin.

Gabungan semua hormon ini membuat Anda merasa mengantuk.

Saat berhubungan ranjang, wanita juga mengalami peningkatan kadar estrogen, yang terbukti meningkatkan siklus REM mereka.

Pada pria, korteks prefrontal, area otak yang membantu kewaspadaan dan aktivitas mental mati setelah klimaks yang membantu mereka tidur.

7. Meredakan Stres

Stres bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari sakit kepala, insomnia, ketegangan otot, dan sakit perut, hingga kondisi yang lebih parah termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuh dan depresi kronis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biological Psychology menemukan bahwa orang yang melakukan hubungan ranjang secara teratur memiliki tekanan darah terkait stres yang lebih rendah dibandingkan orang yang melakukan masturbasi atau melakukan hubungan seks non-coital.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler