7 Manfaat Selai Kacang yang Tidak Terduga, Nomor 3 Bikin Kaget

Senin, 20 Juni 2022 – 05:06 WIB
Ilustrasi selai kacang. Foto: Foodista

jpnn.com, JAKARTA - KACANG merupakan salah satu makanan sehat yang banyak dikonsumsi orang.

Namun, banyak juga yang sedikit enggan mengonsumsi kacang karena bisa menyebabkan jerawat.

BACA JUGA: Tidak Hanya Lezat, Ini 3 Manfaat Ajaib Selai Kacang untuk Kesehatan

Kacang memiliki lemak, tetapi baik untuk jenis tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang membuat selai kacang cukup bergizi.

Selai kacang sebenarnya memasok semua 3 makronutrien dalam 1 porsi, karbohidrat, protein dan lemak.

BACA JUGA: Waspada, Ini 3 Bahaya Makan Kacang Berlebihan

Selai kacang mungkin tidak sesehat bayam atau brokoli, kalori untuk kalori, tetapi itu adalah sumber vitamin E, vitamin B3, vitamin B6, folat, magnesium, tembaga dan mangan.

Selai kacang juga mengandung vitamin B5, zat besi, kalium, seng dan selenium dalam jumlah kecil.

BACA JUGA: Ternyata Selai Kacang Banyak Manfaatnya Lho..

Selai kacang mengandung antioksidan tertentu yang disebut resveratrol, yang telah dikenal untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan kanker.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Ndtv.

https://food.ndtv.com/health/8-peanut-butter-benefits-how-to-make-peanut-butter-and-yummy-recipes-1244816?fbclid=IwAR3pgXQetCKyXc5fCiMB5h8XFvGs1yJySSir2YMMIag9vg7TMid2TPuFvYU.

1. Penurunan Berat Badan

Dengan 180 hingga 210 kalori per porsi, menyebut selai kacang sebagai makanan diet mungkin tampak kontra-intuitif.

Makan selai kacang sebenarnya menekan rasa lapar yang mengarah pada penurunan berat badan.

Ini memiliki kombinasi serat (2,6 g per porsi) dan protein (7-8 g per porsi) yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda akhirnya makan lebih sedikit secara keseluruhan .

2. Jantung Sehat

Selai kacang mengandung zat yang disebut asam p-coumaric yang membantu mengimbangi kerusakan sel yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Juga, selai kacang mengandung lebih banyak lemak tak jenuh daripada lemak jenuh sehingga menjadi makanan ramah lemak yang menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan jantung koroner.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya vitamin E menurunkan risiko kanker perut, usus besar, paru-paru, hati, dan kanker lainnya.

Nah, Anda bisa menebaknya, selai kacang dikemas dengan vitamin E yang melawan kanker.

4. Melindungi Terhadap Penyakit Alzheimer dan Penyakit Neurodegeneratif Lainnya

Kacang tanah adalah salah satu makanan tertinggi niasin, dan orang yang makan makanan kaya niasin yaitu vitamin B3 lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit Alzheimer atau gangguan memori lainnya.

Niasin yang terkandung dalam selai kacang membantu dalam pemulihan kerusakan sel otak, yang memberikan perlindungan terhadap penyakit ini.

Juga, kandungan asam p-coumaric dalam selai kacang membantu melawan stres oksidatif pada sel-sel tubuh yang terkait dengan penyakit neurodegeneratif.

5. Mencegah Batu Empedu

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi selai kacang dalam jumlah sedang sebenarnya bisa mengurangi risiko batu empedu hingga 25 persen.

Ini karena sebagian besar batu empedu adalah batu kolesterol, yang terkait dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Kacang memiliki kemampuan menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol baik yaitu HDL, sehingga mengurangi kemungkinan berkembangnya batu empedu.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Kacang tanah dan selai kacang telah terbukti secara positif mempengaruhi kontrol gula darah dan membantu mengurangi risiko diabetes.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of The American Medical Association, makan sekitar 2 sendok makan selai kacang setidaknya 5 hari seminggu bisa mengurangi risiko terkena diabetes hingga hampir 30 persen, terutama Diabetes Tipe 2.

7. Mempromosikan Tulang Kuat

Zat besi dan kalsium ditemukan berlimpah dalam selai kacang yang penting untuk mengangkut oksigen dalam darah dan mempromosikan tulang yang sehat dan kuat.

Memasukkan protein sehat dalam diet harian Anda seperti selai kacang adalah pilihan yang baik untuk menjaga kekuatan tulang.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler