8 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan Berlebihan

Selasa, 14 Desember 2021 – 07:32 WIB
Kecemasan perempuan. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - PEKERJAAN, stres, masalah keluarga dan asmara secara perlahan-lahan bisa menimbulkan rasa cemas berlebihan.

Kecemasan berlebihan ini ditandai dengan khawatir yang terlalu berlebihan, dada sesak, rasa takut yang berlebihan dan lainnya.

BACA JUGA: 3 Makanan yang Ampuh Kurangi Gejala Kecemasan

Sementara mendapatkan perawatan yang memadai yang mencakup konseling dan pengobatan bisa membantu menjalani kehidupan normal, membuat perubahan gaya hidup tertentu bisa sangat membantu dalam mengurangi gejala secara drastis.

Selama bertahun-tahun, berbagai penelitian menemukan mengembangkan beberapa kebiasaan ini dan melakukannya secara konsisten bisa membantu mengatasi kecemasan secara langsung.

BACA JUGA: Begini Cara Melawan Kecemasan karena Corona

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

1. Berolahraga secara teratur

BACA JUGA: Kurangi Kecemasan dan Stres, Ini 5 Manfaat Baik Minyak Lavender

Berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi Anda secara fisik, tetapi juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychiatry pada tahun 2013 mengatakan, individu yang berolahraga setidaknya 30 menit lima hari dalam seminggu mengalami lebih sedikit gejala depresi dan kecemasan berlebihan.

2. Meditasi

Jika Anda terlalu gelisah untuk duduk dan menjernihkan pikiran dari semua pikiran untuk meditasi, pertimbangkan untuk menginvestasikan sebagian waktu dan uang Anda dalam seminar atau kelas meditasi untuk mempelajari cara melakukannya.

Studi telah menemukan berlatih meditasi secara teratur membantu mengurangi gejala gangguan kecemasan umum.

3. Dengarkan musik

Jika Anda menderita kecemasan, jangan meremehkan kekuatan musik.

Penelitian telah menemukan mendengarkan musik yang menenangkan, seperti suara air yang beriak dan bahkan musik klasik bisa mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Buat daftar putar lagu favorit Anda dan dengarkan musik saat bepergian ke kantor dan berolahraga untuk meningkatkan suasana hati secara instan.

Ini adalah cara musik membuat Anda bahagia dan bugar.

4. Cobalah aromaterapi

Minyak atsiri tidak hanya membantu mendapatkan rambut dan kulit yang lebih baik, tetapi penelitian telah menemukan beberapa di antaranya bisa membantu menenangkan pikiran Anda.

Misalnya, minyak lavender dikenal bisa mengurangi kadar kortisol atau hormon stres di otak yang bertanggung jawab atas kecemasan dan serangan panik.

Selain itu, minyak neroli dan chamomile juga berguna untuk mengurangi gejala kecemasan.

5. Tidur yang cukup

Studi telah menemukan pasien yang hidup dengan gangguan kecemasan menghadapi masalah tertidur dan cenderung menderita gangguan tidur.

Ini bisa memicu lingkaran setan karena kurang tidur diketahui memperburuk kecemasan.

Buatlah titik untuk menetapkan rutinitas yang dapat Anda ikuti setiap hari, sehingga Anda bisa mendapatkan setidaknya 7-8 jam tidur per malam.

6. Jaga pola makan sehat

Hal ini harus jelas, tetapi kebenaran yang menyedihkan adalah orang yang hidup dengan penyakit mental seperti depresi dan kecemasan cenderung mengabaikan diet mereka.

Studi telah menemukan makan jenis makanan tertentu bisa membantu mengurangi kecemasan.

Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi, terlalu banyak alkohol, dan junk food karena diketahui bisa memicu kecemasan.

7. Hilangkan kebiasaan kafein Anda

Menjadi pecandu kafein tidak akan membantu dalam mengatasi kecemasan.

Sebaliknya, terlalu banyak mengandalkan kopi untuk menyelesaikan tugas sehari-hari bisa memicu kecemasan dan stres.

Berusahalah untuk mengurangi konsumsi kopi Anda untuk mengatasi kecemasan.

8. Habiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman Anda di kehidupan nyata

Semua jam yang Anda habiskan untuk menelusuri Facebook, Instagram, dan SnapChat tidak ada gunanya bagi kamu.

Berbagai penelitian telah mengaitkan depresi dan kecemasan dengan kecanduan media sosial.

Menghabiskan terlalu banyak waktu online bisa memicu kecemasan.

Lebih baik keluar dari semua aplikasi itu dan berusahalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman Anda.

Berbicara dengan mereka secara langsung akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang menyebabkan kecemasan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler