8 Khasiat Air Jeruk Nipis, Cegah Serangan Penyakit Ganas Ini

Senin, 26 Juni 2023 – 07:19 WIB
Jeruk nipis. Foto: damrong rattanapong/123rf

jpnn.com, JAKARTA - JERUK nipis sering digunakan sebagai bahan yang digunakan untuk menghilangkan aroma amis beberapa hidangan.

Selain itu, jeruk nipis juga sering digunakan untuk menambah kesegaran beberapa hidangan kesukaan Anda seperti soto dan sup.

BACA JUGA: 8 Manfaat Air Mentimun Campur Jeruk Nipis, Wanita Pasti Suka

Namun tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lebih penting lagi, makan jeruk nipis bisa berdampak pada kesehatan fisik Anda dalam beberapa cara yang substansial dan menarik.

BACA JUGA: 5 Bahaya Mengonsumsi Lidah Buaya Berlebihan, Tidak Aman untuk Penderita Penyakit Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Memiliki sifat antibiotik

Selama epidemi kolera di Afrika Barat, diamati bahwa minum jus jeruk nipis tampaknya memberikan perlindungan terhadap infeksi dari bakteri kolera.

BACA JUGA: 7 Khasiat Daun Pepaya, Cegah Serangan Penyakit Kronis Ini

Berbagai penelitian tentang topik ini sekarang telah dilakukan, dan ini mendukung klaim bahwa air jeruk nipis bisa memengaruhi apakah seseorang akan tertular kolera.

Hipotesis saat ini adalah bahwa perlindungan terhadap infeksi bakteri tertentu ini berasal dari glikosida flavonol dalam jeruk nipis.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Pertama, jeruk nipis mengandung potasium, dan makanan yang tinggi potasium bisa membantu menjaga tekanan darah Anda dalam batas yang sehat (sehingga melindungi jantung kamu).

Selain itu, jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat kaya, dan vitamin C membantu memerangi radikal bebas berbahaya yang mendorong penumpukan kolesterol berlebihan di dalam pembuluh darah.

Akibatnya, jeruk nipis adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda jika kamu ingin mengurangi kemungkinan menderita stroke atau penyakit jantung.

Beberapa pasien penyakit jantung telah menemukan bahwa vitamin C juga mampu memperlambat perkembangan penyakit mereka.

3. Membantu menurunkan berat badan

Satu buah jeruk nipis hanya mengandung dua puluh kalori, dan mengandung nol gram lemak.

Artinya, jika Anda menikmati rasa jeruk nipis, jmaka buah yang satu ini sangat cocok untuk dimakan sebagai camilan atau sebagai bagian dari camilan saat kamu mencoba menurunkan berat badan.

Selanjutnya, jika Anda mencoba untuk menghindari minum soda berkalori tinggi dan bergula, membumbui segelas air suling atau air soda dengan air jeruk nipis akan membantu memuaskan keinginan Anda akan rasa yang kuat dan menyegarkan dengan cara yang lebih sehat.

4. Mampu mencegah dan memperlambat jenis kanker tertentu

Jeruk nipis mengandung senyawa yang disebut limonin, yang merupakan antikarsinogen yang bertahan di dalam tubuh selama lebih dari satu hari (yang biasanya lebih lama dibandingkan dengan durasi sebagian besar antikarsinogen bertahan di dalam tubuh).

Beberapa penelitian tentang limonin telah mengungkapkan bahwa mereka dapat membantu tubuh manusia melawan penyakit kanker payudara, paru-paru, mulut, dan dubur.

Selain itu, ada sesuatu yang disebut kaempferol dalam jeruk nipis, dan para ilmuwan telah menemukan bahwa ia mampu meminimalkan pembelahan sel yang tidak terkendali yang merupakan ciri khas kanker.

Ini sangat terkait dengan pengurangan pertumbuhan kanker payudara.

5. Membantu penderita gangguan pencernaan dan keluhan lambung lainnya

Air jeruk nipis memiliki sifat yang sangat mirip dengan enzim pencernaan alami dalam tubuh Anda.

Ini berarti mengonsumsi jeruk nipis membantu tubuh Anda mencerna makanan dengan lebih mudah.

Bagian dari ini termasuk meredakan nyeri gas yang tidak nyaman dan perut kembung, serta menekan refluks asam.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ada hubungan antara konsumsi vitamin C yang tinggi dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Jadi jika Anda mengonsumsi banyak jeruk nipis, maka kamu mungkin tidak akan terkena infeksi yang menjengkelkan seperti pilek atau flu.

7. Meredakan nyeri kaki yang pegal dan lelah

Jika Anda merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan air jeruk nipis, kamu bisa meredakan rasa sakit dan bengkak yang disebabkan oleh berdiri atau berjalan dalam waktu lama di siang hari.

Ini bisa sangat berguna jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk selalu berdiri.

8. Bisa meningkatkan kesehatan pernapasan Anda

Telah diklaim bahwa jeruk nipis mampu membantu mengurangi gejala asma, tetapi klaim ini masih diperdebatkan yang belum didukung secara memadai oleh penelitian.

Namun, penelitian terkini mendukung klaim bahwa jeruk nipis bisa membantu kesehatan pernapasan Anda dengan mengurangi frekuensi dan intensitas batuk dan sakit tenggorokan yang biasanya menyertai infeksi pilek atau flu.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler