8 Khasiat Jus Pepaya, Nomor 1 Fantastis

Rabu, 14 September 2022 – 02:12 WIB
Ilustrasi buah pepaya. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SIAPA yang tidak suka mengonsumsi pepaya. Pepaya merupakan buah yang terkenal akan kemampuannya dalam mengatasi susah buang air besar.

Selain itu, pepaya juga merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Pepaya, Bikin Penyakit Kronis Ini Kabur

Anda bisa mengonsumsi buah yang satu ini dalam bentuk jus pepaya, salad pepaya, dan lainnya.

Beberapa manfaat terbaik jus pepaya adalah kemampuannya untuk membersihkan peradangan kulit, menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: 8 Manfaat Luar Biasa Jus Daun Pepaya, Penyakit Kronis Ini Langsung Ambrol

Selain itu, jus pepaya juga membantu mencegah penyakit kronis dan kanker, meningkatkan fungsi saraf, membangun tulang yang kuat, meningkatkan kesehatan jantung, membantu penglihatan, dan mengurangi peradangan.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Organicfacts.

BACA JUGA: 8 Manfaat Jus Pepaya Campur Air Jeruk Nipis, Pasangan Wajib Mencobanya

https://www.organicfacts.net/papaya-juice.html?

1. Potensi Antikanker

Sesuai studi penelitian 2009, ekstrak pepaya telah menunjukkan sifat antiproliferatif pada sel kanker payudara.

Buah eksotis ini memiliki banyak beta-karoten, likopen, beta-cryptoxanthin dan isothiocyanates, yang semuanya mencari dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan membantu mencegah kanker.

Beberapa bahan aktif ini juga meningkatkan produksi protein penekan tumor, menjadikan jus ini sebagai tindakan pencegahan.

2. Memperkuat Sistem Saraf

Tembaga tingkat tinggi diperlukan agar sistem saraf kita bisa berkomunikasi secara efektif dengan bagian tubuh lainnya.

Meskipun tembaga sering diabaikan, itu ditemukan dalam kadar yang signifikan dalam jus pepaya.

3. Mempromosikan Tulang Kuat

Jus pepaya mengandung hampir selusin mineral yang berbeda, dan sementara beberapa di antaranya dalam jumlah kecil, banyak dari mereka berkontribusi pada kekuatan dan daya tahan tulang Anda.

Dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang dengan segelas jus ini setiap pagi, Anda bisa mencegah atau menunda osteoporosis seiring bertambahnya usia.

4. Menenangkan Peradangan

Papain adalah enzim pencernaan penting yang ditemukan dalam buah tropis ini, tetapi juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa memengaruhi bagian tubuh lainnya.

Dikombinasikan dengan vitamin C dan antioksidan lain dalam buah ini, bisa menenangkan gejala radang sendi, sakit kepala, asam urat, sindrom iritasi usus besar, dan tekanan darah tinggi.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Senyawa penurun tekanan darah yang lebih spesifik dalam jus pepaya adalah kalium.

Vasodilator legendaris ini akan menghilangkan stres dan ketegangan pada sistem kardiovaskular Anda dengan meredakan ketegangan di pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi yang lebih baik.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jus pepaya tidak hanya kaya akan antioksidan, yang bisa menurunkan stres oksidatif di pembuluh darah dan arteri, tetapi juga merupakan sumber yang kaya folat, yang ampuh menekan kadar homosistein dan menjaga kadar kolesterol Anda tetap rendah.

Selain vitamin C dan mineral penting lainnya, ini bisa melindungi integritas arteri Anda dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

7. Meningkatkan Imunitas

Pepaya tunggal memiliki lebih dari 300 persen dari asupan vitamin C harian yang dibutuhkan untuk pria dewasa.

Sementara beberapa vitamin C akan hilang dalam proses pencampuran, itu masih memberi Anda peningkatan sistem kekebalan yang luar biasa, terutama bila didukung oleh berbagai antioksidan yang mencegah mutasi dan penyakit kronis.

8. Baik untuk Kesehatan Mata

Dengan kandungan beta-karoten yang tinggi, pepaya dikenal sebagai penguat penglihatan, mampu mencegah stres oksidatif di retina yang menyebabkan degenerasi makula, sekaligus memperlambat perkembangan katarak.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler