8 Makanan ini Kaya Akan Antioksidan

Selasa, 03 Januari 2017 – 10:05 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - JPNN.com - Antioksidan melindungi tubuh dari bermacam penyakit serta mampu memperlambat proses penuaan.

Ini karena antioksidan bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa membahayakan sel-sel.

BACA JUGA: Waspada..Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Melonjak

Jika kadar antioksidan dalam tubuh Anda rendah, maka stres oksidatif bisa terjadi dan ini akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Karena itu, untuk menjaga tubuh tetap sehat serta sistem kekebalan tubuh tetap kuat maka Anda harus mendapatkan banyak antioksidan setiap hari.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Bayi Kembar Siam Berhasil Dipisah

Antioksidan merupakan nutrisi yang bisa ditemukan dalam banyak jenis buah-buahan dan sayuran.

Antioksidan umumnya terdapat pada vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, beta-karoten, flavonoid dan polifenol.

BACA JUGA: Kolaborasi Tari, Magician, dan DJ Cantik Bikin Berdebar

Berikut beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Senin (2/1).

1. Brokoli.

Brokoli dikenal di komunitas kesehatan karena menyediakan sumber terkonsentrasi vitamin C paling tinggi, yang merupakan nutrisi antioksidan utama. Vitamin C memberikan dukungan metabolisme oksigen tubuh dan menurunkan risiko peradangan kronis dan risiko kanker.

Jika itu tidak cukup, brokoli mengandung beberapa karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan utama.

2. Aprikot.

Anda jarang mengonsumsi buah ini, tetapi aprikot kaya akan antioksidan termasuk karotenoid dan vitamin A yang diperlukan untuk pertumbuhan sel dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Buah ini juga baik untuk penglihatan Anda, kaya akan kalium dan kaya akan serat.

3. Raspberry.

Buah-buahan ini mungkin sudah menjadi topping favorit Anda untuk yogurt dan granola, tapi ini berry kecil memberikan tubuh dengan antioksidan tertentu yang tidak bisa ditemukan dalam makanan lain. Selain tingkat tinggi vitamin C dan anthocanines, raspberry mengandung ellagitannins.

4. Ceri.

Buah kecil ini kaya akan queritrin dan asam ellagic yang melawan sel-sel kanker dalam tubuh dan mencegah kanker berkembang.

5. Semangka.

Semangka merupakan makanan padat nutrisi yang kaya akan antioksidan. Buah ini kaya akan vitamin C dan lycopene yang berhubungan dengan penurunan risiko kanker prostat.

6. Blueberry.

Mungkin salah satu makanan kaya antioksidan yang paling umum dikenal. Satu cangkir blueberry liar mengandung antioksidan melebihi 20 buah-buahan dan sayuran lainnya.

Blueberry, kekuatan antioksidan mereka berasal dari pigmen biru di berries yang melindungi terhadap peradangan, penyakit alzheimer dan penyakit degeneratif lainnya.

7. Bayam.

Bayam disukai karena tingkat tinggi serat, kalium dan beberapa vitamin. Selain itu, bayam kaya akan luten karotenoid dan zeaxanthin yang melindungi mata dari kerusakan, melawan katarak dan yang berkaitan dengan degenerasi makula.

8. Jeruk.

Anda mungkin sudah tahu bahwa jeruk kaya akan vitamin C, tapi mereka juga kaya akan antioksidan yang larut dalam air di dalam tubuh.

Jeruk bekerja dengan mencegah kerusakan dalam dan di luar sel untuk mencegah kanker usus besar.

Selain itu jeruk juga bisa mengurangi keparahan kondisi peradangan seperti asma, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lewatkan Sarapan Pagi Bikin Berat Badan Melonjak?


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler