8 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Hati

Rabu, 20 Juni 2018 – 16:36 WIB
Makanan terbaik untuk kesehatan hati.

jpnn.com - Pernahkah Anda mengalami kesulitan tidur, bertambah berat badan atau mengalami sakit kepala berkepanjangan?

Hal itu adalah tanda bahwa tubuh Anda memiliki banyak racun. Racun bisa berasal dari pola makan, kebiasaan gaya hidup yang buruk

BACA JUGA: Ketahui Penyebab Mata Anda Kedutan

Ini juga berarti hati Anda perlu bekerja lebih keras untuk membersihkan darah dari segala racun.

Untuk membantu hati Anda, Anda bisa mengubah pola makan Anda untuk memberi hati nutrisi yang penting agar dapat berfungsi dengan efisien.

BACA JUGA: Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Lupa Konsumsi ini

Saat Anda membersihkan hati Anda dari racun, Anda akan segera mulai merasakan manfaat kesehatannya.

Berikut ini beberapa makanan terbaik untuk kesehatan hati, seperti dilansir laman Care2, Selasa (19/6).

BACA JUGA: 5 Cara Praktis untuk Mengikis Lemak Usai Lebaran

1. Buah bit

Powerhouses ungu ini mengandung zat yang dikenal sebagai betaine yang meningkatkan pencernaan.

Salah satu dari banyak fungsi hati adalah untuk membantu pencernaan, terutama pencernaan lemak melalui sekresi empedu.

2. Minyak kelapa

Sementara American Heart Association (AHA) terus menuduh minyak kelapa sebagai antikristus, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Science of Food and Agriculture menemukan bahwa konsumsi minyak kelapa murni mampu membalikkan tanda dan gejala penyakit hati berlemak.

Hati berlemak sering terlibat dalam lemak perut, sindrom metabolik dan obesitas, semua ini sering melibatkan penyakit jantung.

Masak dengan minyak kelapa, bukan minyak goreng lainnya, tetapi pertahankan suhu di bawah 325 untuk mencegah asap dan mendenaturasi minyak.

3. Dandelion

Tambahkan bubuk akar dandelion panggang ke smoothie cokelat berikutnya untuk sensasi rasa dan dorongan serius untuk hati Anda.

Akar dandelion meningkatkan fungsi hati dan meningkatkan laju metabolisme. Ini juga lezat dengan secangkir susu almond, segenggam kacang mete mentah dan beberapa es batu, dicampur.

4. Flax seeds dan flax seed oil

Flax mengikat xenoestrogen berbahaya, estrogen sintetik yang dihasilkan dari plastik dan polusi yang merusak keseimbangan hormonal kita yang rumit, sehingga lebih mudah bagi hati untuk menyaring zat-zat beracun ini dari tubuh kita.

5. Bawang putih

Kaya akan senyawa sulfur, bawang putih membantu memastikan detoksifikasi yang stabil di hati.

Senyawa belerang juga mengikat kolesterol dan logam, membuat bawang putih menjadi makanan yang sangat baik untuk dinikmati secara teratur jika Anda mencoba makan untuk hati yang sehat.

Lebih baik, tambahkan bawang putih yang difermentasi ke dalam diet Anda.

6. Leafy greens

Sayuran hijau adalah pembangkit tenaga nutrisi yang baik untuk hampir semua hal sehingga mungkin tidak mengejutkan bahwa mereka juga baik untuk kesehatan hati.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Lipids in Health and Disease, makan lebih banyak sayuran hijau telah ditemukan untuk memperbaiki profil asam lemak hati, yang tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan hati dan bisa mengurangi risiko perlemakan hati, tetapi mungkin juga mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Jeruk lemon

Tidak ada daftar makanan yang meningkatkan hati akan lengkap tanpa lemon. Itu karena lemon meningkatkan kemampuan hati untuk memetabolisme glikogen, sumber energi untuk berbagai fungsi tubuh.

Penelitian dalam jurnal Toxicology Letters menunjukkan bahwa banyak senyawa yang ditemukan di lemon meningkatkan metabolisme glikogen di hati.

8. Gandum

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan bahwa makan gandum secara teratur meningkatkan kesehatan hati. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lebih dari 95 Persen Populasi Dunia Menghirup Udara Buruk


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler