8 Manfaat Jeruk Nipis, Cegah Timbulnya Penyakit Kronis Ini

Jumat, 03 Februari 2023 – 05:32 WIB
Jeruk nipis. Foto: damrong rattanapong/123rf

jpnn.com, JAKARTA - ADA berbagai buah yang kaya akan kandungan Vitamin C. Salah satu yang paling populer tentu saja citrus.

Citrus terdiri dari berbagai jenis buah jeruk. Mulai dari jeruk manis, jeruk nipis, jeruk bali, dan lemon.

BACA JUGA: 4 Manfaat Air Serai Campur Jeruk Nipis, Wanita Pasti Suka

Jeruk nipis biasanya sering digunakan untuk menambah kesegaran berbagai hidangan gurih.

Namun selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah mungil yang satu ini dalam bentuk air jeruk nipis hangat.

BACA JUGA: 8 Manfaat Telur yang Tidak Terduga, Bikin Penyakit Kronis Ini Ambrol

Lebih penting lagi, makan jeruk nipis bisa berdampak pada kesehatan fisik Anda dalam beberapa cara yang substansial dan menarik.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

BACA JUGA: 5 Manfaat Air Jeruk Nipis, Jantung Anda Tersenyum Senang

1. Sifat antibiotik

Selama epidemi kolera di Afrika Barat, diamati bahwa minum jus jeruk nipis tampaknya memberikan perlindungan terhadap infeksi dari bakteri kolera.

Berbagai penelitian tentang topik ini sekarang telah dilakukan, dan ini mendukung klaim bahwa air jeruk nipis bisa mempengaruhi apakah seseorang akan tertular kolera.

Hipotesis saat ini adalah bahwa perlindungan terhadap infeksi bakteri tertentu ini berasal dari glikosida flavonol dalam jeruk nipis.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Pertama, jeruk nipis mengandung potasium, dan makanan yang tinggi potasium bisa membantu menjaga tekanan darah Anda dalam batas yang sehat (sehingga melindungi jantung kamu).

Selain itu, jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat kaya, dan vitamin C membantu memerangi radikal bebas berbahaya yang mendorong penumpukan kolesterol berlebihan di dalam pembuluh darah.

Akibatnya, jeruk nipis adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda jika kamu ingin mengurangi kemungkinan menderita stroke atau penyakit jantung.

Beberapa pasien penyakit jantung telah menemukan bahwa vitamin C juga mampu memperlambat perkembangan penyakit mereka.

3. Membantu menurunkan berat badan

Satu buah jeruk nipis hanya mengandung dua puluh kalori, dan mengandung nol gram lemak.

Artinya, jika Anda menikmati rasa jeruk nipis, jeruk nipis sangat cocok untuk dimakan sebagai camilan (atau sebagai bagian dari camilan) saat kamu mencoba menurunkan berat badan.

4. Mampu mencegah dan memperlambat jenis kanker tertentu

Jeruk nipis mengandung senyawa yang disebut limonin, yang merupakan antikarsinogen yang bertahan di dalam tubuh selama lebih dari satu hari (yang biasanya lebih lama dibandingkan dengan durasi sebagian besar antikarsinogen bertahan di dalam tubuh).

Beberapa penelitian tentang limonin telah mengungkapkan bahwa mereka bisa membantu tubuh manusia melawan penyakit kronis kanker payudara, paru-paru, mulut, dan dubur.

Selain itu, ada sesuatu yang disebut kaempferol dalam jeruk nipis, dan para ilmuwan telah menemukan bahwa ia mampu meminimalkan pembelahan sel yang tidak terkendali yang merupakan ciri khas kanker.

Ini sangat terkait dengan pengurangan pertumbuhan kanker payudara.

5. Membantu penderita gangguan pencernaan dan keluhan lambung lainnya

Air jeruk nipis memiliki sifat yang sangat mirip dengan enzim pencernaan alami dalam tubuh Anda.

Ini berarti mengkonsumsi jeruk nipis atau minum air jeruk nipis membantu tubuh Anda mencerna makanan dengan lebih mudah.

Bagian dari ini termasuk meredakan nyeri gas yang tidak nyaman dan perut kembung, serta menekan refluks asam.

6. Membantu melindungi Anda dari radang sendi

Karena jeruk nipis mengandung begitu banyak vitamin C dan vitamin C membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, jeruk nipis juga bisa membantu mengurangi tingkat peradangan Anda.

Ini karena radikal bebas tidak hanya kemungkinan karsinogen, tetapi juga mampu menyebabkan peradangan yang menyakitkan dan berlebihan.

Akibatnya, jeruk nipis adalah tambahan yang baik untuk diet Anda jika kamu menderita radang sendi atau penyakit radang lainnya (seperti kolitis ulserativa).

Ada juga beberapa bukti yang mendukung gagasan bahwa asupan vitamin C yang tinggi akan mengurangi kemungkinan Anda terkena artritis apa pun.

Jadi sebaiknya makan banyak jeruk nipis meskipun saat ini Anda tidak memiliki gangguan peradangan.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ada hubungan antara konsumsi vitamin C yang tinggi dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Jadi, jika Anda mengonsumsi banyak jeruk nipis, maka kamu mungkin tidak akan terkena infeksi yang menjengkelkan seperti pilek atau flu.

8. Meredakan nyeri kaki yang pegal dan lelah

Jika Anda merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan air jeruk nipis, kamu bisa meredakan rasa sakit dan bengkak yang disebabkan oleh berdiri atau berjalan dalam waktu lama di siang hari.

Ini bisa sangat berguna jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk selalu berdiri.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler