9 Khasiat Air Lemon Campur Madu, Baik untuk Ginjal

Kamis, 17 Agustus 2023 – 06:39 WIB
Ilustrasi air lemon campur madu. Foto: livestrong

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda pernah bertanya-tanya kenapa banyak orang suka mengonsumsi air lemon yang dicampur dengan madu?

Lemon dan madu adalah dua produk yang bertolak belakang , tetapi bila dicampur dalam proporsi yang tepat, keduanya menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

BACA JUGA: 6 Khasiat Air Jahe Campur Lemon, Pria Pasti Suka

Air lemon dan madu seperti ramuan sehat dan pembangkit nutrisi.

Beberapa penelitian mengklaim bahwa minuman ini membantu membakar lemak, membersihkan jerawat, dan mengeluarkan racun dari tubuh.

BACA JUGA: 4 Manfaat Minum Kopi Campur Madu, Nomor 3 Bikin Pria Senang

Madu adalah gudang antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik, vitamin dan mineral esensial.

Lemon, kaya akan vitamin C dan nutrisi penting lainnya bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, detoksifikasi, menunda waktu pengosongan lambung dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Kulit Lemon yang Ajaib

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Netmeds.com.

1. Minuman Detoks

Air lemon dan madu berfungsi sebagai minuman detoksifikasi alami dan memberi Anda energi instan saat mendetoksifikasi tubuh.

Minumlah dengan air hangat saat perut kosong. Pastikan madu murni atau organik.

2. Penambah Energi

Minuman ini adalah penambah energi alami yang memberi Anda sumber energi cepat selama latihan atau olahraga.

Ini membantu dalam menstabilkan tingkat energi setelah latihan keras.

3. Meningkatkan Pencernaan

Lemon dan madu dalam air hangat adalah minuman yang ideal untuk meringankan sembelit dan melancarkan pencernaan.

Minuman ini bermanfaat untuk membersihkan usus besar dan membuang makanan yang tidak tercerna dan racun dari dalam tubuh.

4. Penambah Kekebalan

Minuman ini penuh dengan nutrisi penting yang meliputi vitamin C, B kompleks, fosfor, kalsium, dan magnesium.

Nutrisi membantu meningkatkan sistem, membersihkan racun dan mencegah infeksi saluran kemih selain melindungi tubuh dari infeksi.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minuman ini memberikan keajaiban bagi kulit. Penuh dengan sifat antibakteri, minuman ini bertindak sebagai pembersih alami, yang membantu memurnikan darah, meningkatkan kolagen, dan membuat kulit Anda terlihat bercahaya dan kenyal.

6. Penurunan Berat Badan

Air lemon dan madu adalah minuman yang sempurna untuk memulai hari Anda.

Menambahkan beberapa tetes madu dan 1 sdt jus lemon ke air hangat meningkatkan aktivitas metabolisme yang pada gilirannya membantu membakar lemak.

7. Mencegah Batu Ginjal

Urin yang pekat dan asam bisa menyebabkan sensasi terbakar di saluran kemih saat buang air kecil dan juga menyebabkan batu.

Sifat antimikroba madu dan efek diuretik lemon bekerja sama untuk membuang bakteri dan zat berbahaya lainnya yang tidak diinginkan dari sistem yang menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, banyaknya asam sitrat dalam lemon dan madu bersama-sama menjadi bersifat basa dan secara efektif bisa membantu mencegah pembentukan batu di ginjal untuk sebagian besar.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan buah jeruk terutama yang mengandung vitamin C konsentrasi tinggi sangat berguna untuk menghindari masalah jantung dan pencegahan stroke.

Mengandung persediaan vitamin C yang baik, lemon bekerja dengan sangat baik untuk mencegah faktor penyebab penyakit jantung.

Bersamaan dengan madu, ramuan ajaib ini memainkan peran kunci dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh, yang pada gilirannya mencegah pengendapan plak di pembuluh darah dan juga mencegah pembentukan aterosklerosis dan masalah jantung lainnya.

9. Mengatasi Edema

Retensi air dalam tubuh seringkali bisa menyebabkan pembengkakan kaki dan bahkan memberi tekanan pada jantung dan darah yang pada akhirnya menyebabkan edema dan hipertensi.

Minuman air lemon dan madu yang luar biasa berfungsi sebagai diuretik yang luar biasa dan membantu produksi urin.

Jadi, meminum segelas minuman ajaib ini di pagi hari dengan perut kosong tidak hanya mengobati edema, tetapi juga mengatasi masalah tekanan darah tinggi.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
lemon   Madu   edema   minuman detoks  

Terpopuler