9 Makanan Ini Bisa Menjaga Suasana Hati Anda Lebih Tenang

Rabu, 05 September 2018 – 09:07 WIB
Teh hijau. Foto: Health

jpnn.com, JAKARTA - Berapa banyak dari kita benar-benar menyadari fakta bahwa makanan yang kita makan memengaruhi suasana hati kita?

Ya, makanan yang kita makan tidak hanya memengaruhi kesehatan mental kita, tetapi juga memainkan peran utama dalam membentuk kesehatan fisik kita.

BACA JUGA: 6 Kiat Menghindari Banyak Makan Karena Stres

Makanan meningkatkan mood dengan dua cara yakni memengaruhi bahan kimia dalam otak dan dengan memengaruhi tingkat gula darah untuk meningkatkan jumlah energi.

Makanan untuk mengangkat suasana hati (mood enhancer) adalah makanan yang bisa membantu menjaga Anda dalam suasana hati yang baik dan mereduksi tingkat stres.

BACA JUGA: Bolehkan Ibu Hamil Makan Pedas?

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman India Times, Selasa (4/9).

1. Biji gandum

BACA JUGA: Ketahuilah, Makanan Ini Bisa Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat

Terlepas dari status superfood yang dipuji, tingginya jumlah flavonoid di quinoa diketahui memiliki efek anti-depresan.

Sekarang ada alasan lain untuk menukar nasi atau pasta yang mengandung karbohidrat dengan pilihan biji-bijian yang penuh protein.

2. Jamur

Dengan peran penting untuk menciptakan serotonin (hormon yang bisa melawan depresi dan kecemasan), vitamin D memiliki kualitas anti-depresan dan jamur biasanya dipenuhi dengan mereka.

Meskipun matahari adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D (diikuti oleh makanan laut seperti ikan berlemak seperti salmon) ke dalam sistem Anda, jika Anda seorang vegan atau vegetarian, ini adalah salah satu sumber alami terbaik untuk mendapatkan vitamin D.

3. Coklat hitam

Cokelat (varian gelap) memiliki antioksidan dan flavonoid yang tidak hanya biaa meningkatkan mood Anda tetapi juga melawan depresi dengan meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Pastikan saja Anda memilih satu yang memiliki lebih dari 70 persen kakao.

4. Kopi

Kopi tidak hanya memberi Anda dorongan energi di pagi hari atau ketika mengalami kemerosotan di siang hari, kopi juga bisa membantu Anda memerangi depresi dan kecemasan.

Selain merangsang sistem saraf pusat Anda, kafein bisa meningkatkan produksi serotonin, dopamin dan noradrenalin di otak, yang memberikan status sebagai anti-depresan ringan alami.

5. Kenari mentah

Sementara walnut telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu kacang sehat jantung terbaik, mereka juga merupakan sumber magnesium yang hebat.

Magnesium adalah mineral yang mempromosikan tidur alami serta mengurangi gejala depresi.

Menambahkan sekitar setengah cangkir kenari setiap hari bisa meningkatkan suasana hati secara signifikan dalam beberapa minggu.

6. Teh hijau

Teh hijau telah diketahui bisa meningkatkan antioksidan dan sifat melawan kanker. Kafein dalam teh hijau, juga senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate telah terbukti memperbaiki suasana hati seseorang.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa hingga 3-5 cangkir teh hijau kemungkinan akan menurunkan tingkat stres psikologis hingga 20 persen.

7. Berries

Blueberry, stroberi, raspberry dan semua jenis buah berry lainnya mengandung vitamin dan mineral, terutama dengan anthocyanidin flavonoid, yang bisa menurunkan peradangan yang terkait dengan depresi.

Makanan itu juga sarat dengan vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan Anda yang juga terhubung ke otak Anda.

Tingkat vitamin C yang lebih rendah bisa menyebabkan kelelahan, penurunan motivasi dan kemerosotan.

8. Makanan dengan probiotik

Makanan yang mengandung probiotik, seperti kefir, yoghurt, sauerkraut mengandung bakteri yang hidup di dalam usus dan membantu pencernaan, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh dan membersihkan usus juga.

Penelitian telah menemukan korelasi kuat antara efek probiotik dan suasana hati Anda. Kesehatan usus Anda secara langsung berkaitan dengan keadaan pikiran Anda.

9. Tiram

Seng dan vitamin dalam tiram lebih dari sekedar meningkatkan libido. Mineral ini memainkan peran penting dalam meningkatkan memori Anda serta suasana hati Anda.

Studi juga menyatakan mineral bisa membantu mengobati penyakit mental. Mineral lain seperti omega-3, zat besi, kalium dan magnesium semuanya menunjukkan manfaat meningkatkan suasana hati. (fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Olahraga Usai, Pulihkan Tenaga dengan Segelas Susu Cokelat


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler