9 Makanan Kaya Probiotik, Baik untuk Diet Anda

Rabu, 22 Februari 2017 – 21:13 WIB
Pisang dan manfaatnya. Foto: Eatthis

jpnn.com - jpnn.com - Probiotik merupakan istilah untuk menyebut bakteri baik yang bermanfaat sebagai penunjang kesehatan manusia.

Berbagai penelitian membuktikan bahwa probiotik bisa mencegah dan mengobati beberapa tipe diare dan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan secara umum.

BACA JUGA: Ini Beberapa Makanan Penting Dikonsumsi Pria

Pencernaan yang sehat penting untuk mencegah penyakit. Sehingga, mengetahui lebih banyak perihal makanan kaya probiotik akan membantu Anda mencapai derajat kesehatan yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung probiotik dan baik ditambahkan untuk diet Anda, seperti dilansir laman MSN, Selasa (21/2).

BACA JUGA: Tips Melakukan Clean Eating

1. Yerusalem artichoke

Dengan tingginya kandungan serat dan sejumlah besar nutrisi, Yerusalem artichoke telah terbukti menjadi makanan prebiotik yang sehat.

BACA JUGA: Terjebak di Restoran Saat Diet? Ini Triknya

Jenis asupan ini kaya akan inulin, prebiotik yang membantu mengurangi sembelit dan meningkatkan kekebalan.

2. Asparagus

Asparagus kaya akan vitamin dan antioksidan. Asparagus memiliki sifat anti-inflamasi dan memiliki kemampuan untuk menetralisir radikal bebas yang merusak sel.

Asparagus mengandung inulin, prebiotik yang menjadi sumber makanan yang ideal untuk berbagai jenis bakteri yang berhubungan dengan peningkatan penyerapan gizi.

3. Bawang putih

Bawang putih kaya antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang putih membantu mengatasi masalah usus dengan menghancurkan bakteri berbahaya dalam usus.

Bawang putih adalah antioksidan kuat dengan antimikroba, antivirus dan sifat antibiotik.

4. Pisang

Pisang membantu pencernaan, penurunan berat badan dan kesehatan jantung.

Buah ini kaya akan fructooligosaccharides, prebiotik yang diyakini lebih efektif daripada probiotik dalam meningkatkan keseimbangan flora usus dalam saluran pencernaan Anda.

5. Bawang merah

Bawang merah mengandung antioksidan yang membantu mencegah oksidasi asam lemak dalam tubuh kita. Juga mengandung inulin prebiotik yang mengubah komposisi usus mikrobiota dalam cara yang mungkin bisa membantu penurunan berat badan pada wanita obesitas.

6. Kacang-kacangan

Seiring dengan membantu dalam kesehatan pencernaan, kacang-kacangan juga melawan obesitas, menetralkan radikal bebas, melawan penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker. Mereka juga telah terbukti membantu meningkatkan visi Anda.

7. Apel

Apel mengandung pektin prebiotik yang meningkatkan butirat, asam lemak rantai pendek yang memberi makan bakteri usus yang menguntungkan dan mengurangi populasi bakteri berbahaya.

Apeil juga mengandung antioksidan polifenol dan jika dikombinasikan dengan pektin maka hal ini akan meningkatkan kesehatan pencernaan.

8. Daun bawang

Daun bawang mengandung inulin prebiotic, telah dikenal untuk membantu pemecahan lemak dan merangsang bakteri usus yang sehat.

Daun bawang juga mengandung kaempferol flavonoid yang telah terbukti membantu melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan

9. Dandelion hijau adalah sumber serat inulin, membantu mengurangi sembelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan bakteri yang bersahabat dalam usus. (fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Makanan ini Bikin Anda Gak Cepat Lapar


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler