9 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis Campur Madu, Bikin Suami Ketagihan

Rabu, 15 September 2021 – 07:12 WIB
Kayu Manis. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KAYU manis telah digunakan sebagai obat dalam pengobatan tradisional Ayurveda dan Tiongkok selama berabad-abad.

Dikenal karena manfaatnya yang terkait dengan pencernaan dan keluhan gastrointestinal, kayu manis telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk sakit maag, gangguan pencernaan, dan mual.

BACA JUGA: 5 Khasiat Ajaib Kayu Manis, Banyak Wanita Pasti Menyesal

Adapun untuk mendapatkan manfaat kayu manis bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman.

Air rebusan kayu manis penuh dengan senyawa bermanfaat yang bisa menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

BACA JUGA: Minum Air Jahe Campur Kayu Manis Ampuh Usir Penyakit Ini

Caranya, batang kayu manis bisa direbus atau diseduh dengan air mendidih, lalu campur madu bila suka dan ramuan siap untuk diminum.

Bubuk kayu manis umumnya diberikan pada dosis maksimal 1,5 gram/ hari dalam studi diabetes, dan tidak ada efek samping yang muncul.

BACA JUGA: 6 Manfaat Ajaib Air Rebusan Kayu Manis, Bisa Hempaskan Penyakit Kronis Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menangkal Radikal Bebas

Kayu manis sangat tinggi akan sumber antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dan menyembuhkan penyakit.

Apabila radikal bebas terjadi dalam tubuh, maka akan merusak area tubuh seperti kerusakan DNA dan akhirnya akan merusak sel.

Apabila di dalam tubuh tersedia cukup antioksidan yang salah satunya bisa didapatkan dari bubuk kayu manis, maka akan langsung bereaksi untuk mencegah kerusakan sel.

2. Mengobati Flu

Dalam bubuk kayu manis juga mengandung antioksidan serta antibakteri yang sangat baik dalam melawan bakteri berbahaya, memperbaiki aliran darah, dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Kayu manis juga memberikan suhu hangat alami dalam tubuh.

Sehingga hanya dalam 20 menit mengonsumsi bubuk kayu manis ini bisa mengatasi gejala flu seperti sakit tenggorokan, solusi batuk, bersin dan juga hidung tersumbat.

3. Baik untuk Kesuburan Wanita

Masalah kesuburan memang kerap dialami oleh wanita. Manfaat mengonsumsi kayu manis ternyata bisa membantu menambah kesuburan tersebut.

Sebab, kayu manis berkhasiat mencegah wanita terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Kandungan enzim phosphatidylinositol 3 kinase yang terdapat di dalamnya mampu melawan penyakit yang mengganggu fungsi ovarium wanita ini.

Selain itu, kayu manis juga berkhasiat memperlancar siklus menstruasi bagi kamu yang jadwal datang bulannya tidak teratur.

4. Meningkatkan Gairah

Kayu manis bubuk juga menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan gairah di ranjang.

Kayu manis sangat baik untuk meningkatkan panas tubuh sekaligus meningkatkan libido.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cinnamon atau kayu manis bubuk ini juga terbukti ampuh dalam mengurangi gula darah yang berperan aktif dalam menurunkan berat badan.

Kayu manis sangat baik untuk mengendalikan kadar insulin sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Jika metabolisme tubuh tinggi, maka karbohidrat sehat akan disimpan tanpa diubah menjadi energi yang nantinya akan membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat.

6. Mengatasi PMS

Premenstrual syndrome atau PMS yang menimbulkan kram dan nyeri pada area perut ini bisa diatasi dengan manfaat kalsium, mangan dan juga serat yang terkandung dalam bubuk kayu manis.

Selain itu, dalam kayu manis juga mengandung antipasmodik dan anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit secara signifikan.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Bubuk kayu manis memiliki sifat antibiotik dan anti-mikroba yang akan melindung kulit dari beberapa gangguan seperti peradangan, ruam , iritasi, alergi dan juga infeksi.

Saat dikombinasikan bersama madu, maka kayu manis bubuk ini juga menjadi cara menghilangkan jerawat terbaik untuk wajah Anda dan menjadi solusi kecantikan kulit terbaik.

8. Mengurangi Nyeri Rematik

Bagi pengidap rematik, mengonsumsi kayu manis sangat dianjurkan karena rempah-rempah ini dipercaya bisa mengurangi nyeri rematik.

Hal ini turut didukung oleh penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine yang menunjukkan kayu manis bisa mengurangi sitokin, yaitu protein-protein kecil yang menyebabkan rematik.

9. Mencegah Diabetes

Khasiat kayu manis yang sudah dikenal banyak orang adalah bisa menurunkan gula darah.

Kayu manis mampu menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme, pertama dengan mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah mengonsumsinya.

Hal ini dilakukan dengan mengganggu sejumlah enzim pencernaan, sehingga karbohidrat bisa diurai dengan lebih lambat di saluran pencernaan.

Kedua, senyawa dalam kayu manis juga bisa bekerja pada sel dengan meniru insulin.

Hal ini bisa meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh, meskipun tidak secepat insulin itu sendiri.

Sejumlah penelitian yang sudah dilakukan pada manusia juga sudah mengonfirmasi efek anti-diabetes dari kayu manis, dengan menunjukkan hasil kadar gula darah puasa bisa turun sebesar 10-29 persen dengan mengonsumsi kayu manis.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler