9 Manfaat Jus Semangka, Ginjal Aman, Penyakit Kronis Ini Ambrol

Senin, 05 Desember 2022 – 05:30 WIB
Ilustrasi makan semangka. Foto: AshTproductions/Shutterstock

jpnn.com, JAKARTA - BUAH merupakan salah satu makanan yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu buah yang banyak disukai orang ialah semangka. Anda bisa mengonsumsi buah yang satu ini dalam bentuk salad atau jus semangka.

BACA JUGA: 8 Manfaat Semangka, Nomor 1 Bikin Kaget

Manfaat kesehatan dari jus semangka memang berasal dari fakta bahwa buah ini merupakan cara yang bagus untuk tetap terhidrasi, terutama selama bulan-bulan panas.

Kadang-kadang sulit untuk membuat anak kecil minum air yang cukup, tetapi lebih mudah untuk membuat mereka mengkonsumsi semangka.

BACA JUGA: 8 Manfaat Susu Kedelai, Deretan Penyakit Kronis Ini Ambyar

Namun, manfaatnya tidak berakhir di situ. Semangka adalah sumber serat, vitamin C, A, dan B yang baik.

Semangka juga merupakan sumber protein dan karbohidrat, serta potasium, zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor.

BACA JUGA: 7 Manfaat Ajaib Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Semangka mengandung enzim, asam organik, dan gula alami.

Semangka juga tidak mengandung lemak atau kolesterol, dan kandungan natriumnya terbatas.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Belmarrahealth.com.

1. Tekanan darah

Potasium dan magnesium, bersama dengan asam dalam semangka, bergabung untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan menjaga kelancaran aliran darah.

Semangka juga bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan asam yang tepat, yang sangat penting untuk tingkat tekanan darah yang stabil.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension melaporkan bahwa semangka memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah pada mereka yang kelebihan berat badan.

2. Asma

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko terkena asma lebih rendah pada orang yang mengonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah yang lebih tinggi, termasuk vitamin C.

The British Medical Journal (BMJ) menerbitkan laporan pada tahun 2014 yang menyarankan vitamin C harus dimasukkan dalam daftar pengobatan asma untuk diperiksa lebih lanjut.

3. Kesehatan jantung

Asam amino membantu menjaga arteri dan aliran darah yang baik, yang meningkatkan fungsi kardiovaskular yang sehat.

Ada asam amino dalam semangka. Buah ini juga mengandung beta-karoten, serta vitamin C, yang dikenal membantu menurunkan kolesterol.

4. Penurunan berat badan

Penelitian tampaknya menunjukkan bahwa jus semangka bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Dalam penelitian pada hewan, asam, seperti yang ditemukan pada semangka, ternyata mengganggu produksi lemak di sel lemak.

Karena semangka rendah kalori dan tidak mengandung lemak, banyak orang menggunakannya sebagai bantuan penurunan berat badan.

Fakta bahwa semangka mengandung sekitar 90 persen air membantu kita cepat kenyang dan menghindari makan berlebihan.

5. Kulit

Hidrasi penting untuk kulit kita dan karena semangka mengandung air banyak orang tidak heran mendengar ada manfaat jus semangka untuk kulit.

Vitamin A dalam buah juga mendorong pertumbuhan jaringan tubuh seperti kulit dan rambut.

Vitamin C membantu menjaga kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut kita.

6. Kehamilan

Tampaknya ada manfaat jus semangka selama kehamilan. Banyak wanita telah melaporkan bahwa mengonsumsi semangka saat hamil meredakan pembengkakan, mulas, dan mual di pagi hari.

Sebuah studi di Jurnal Internasional Ginekologi dan Kebidanan menunjukkan bahwa nutrisi penting yang ditemukan dalam semangka mengurangi preeklampsia sebanyak 50 persen.

Karena semangka mengandung vitamin A, C, dan B6, serta potasium dan magnesium, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini saat hamil.

Semua vitamin ini penting untuk perkembangan otak, saraf, dan sistem kekebalan bayi.

7. Kesehatan ginjal

Semangka bisa menjadi diuretik yang bisa merangsang fungsi ginjal dan mengurangi asam urat dalam darah.

Beberapa percaya bahwa semangka juga membantu hati memproses amonia, yang menurunkan tekanan pada ginjal sekaligus membuang kelebihan cairan.

8. Kanker

Studi sedang berlangsung, tetapi beberapa ahli ilmiah menyarankan bahwa nutrisi yang ditemukan dalam semangka bisa membantu mengurangi jenis penyakit kronis, seperti kanker.

Kita juga tahu bahwa vitamin C dan A (juga ditemukan dalam semangka) berperan dalam melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi semangka setiap hari dan tidak hanya dagingnya, tetapi juga kulitnya.

9. Kesehatan mata

Ternyata wortel bukan satu-satunya makanan yang baik untuk mata kita.

Jus semangka bermanfaat bagi kesehatan mata kita juga. Semangka adalah sumber beta-karoten yang sangat baik.

Semangka juga memiliki kombinasi vitamin A, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya yang bisa menjaga kesehatan mata kita.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler