9 Manfaat Tak Terduga Mentimun untuk Ibu Hamil, Yuk Dicoba

Kamis, 27 Januari 2022 – 09:23 WIB
Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - BAGI ibu hamil, mengonsumsi mentimun mungkin merupakan makanan yang tidak mereka masukkan dalam daftar.

Hal ini karena mentimun diketahui memang tidak baik untuk ibu hamil jika dikonsumsi berlebihan.

BACA JUGA: Kanker dan Diabetes Bisa Ambyar Hanya dengan Mentimun

Anda bisa makan mentimun dalam jumlah kecil, meskipun biasanya tidak dianjurkan dalam diet kehamilan.

Mentimun diketahui menyebabkan reaksi alergi, sering buang air kecil karena kandungan air dan garam yang berlebihan, serta sendawa dan gangguan pencernaan.

BACA JUGA: 7 Manfaat Ajaib Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Jadi, diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menambahkannya ke dalam diet biasa Anda, karena mentimun juga bermanfaat.

Meskipun mentimun diketahui menyebabkan efek samping tertentu saat dikonsumsi selama kehamilan, mentimun juga diketahui bermanfaat jika dikonsumsi dalam jumlah kecil.

BACA JUGA: 7 Khasiat Ajaib Rutin Konsumsi Mentimun, Nomor 4 Bikin Wanita Senang

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Momjunction.

1. Makanan rendah kalori

Mentimun rendah kalori dan bisa mencegah obesitas. Mereka bisa membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama dan mencegah makan berlebih sehingga menghindari penambahan berat badan.

2. Kandungan air yang tinggi

Mentimun mengandung sekitar 96 persen air. Anda bisa menjaga diri tetap terhidrasi dengan mengonsumsi mentimun, selain minum air putih.

3. Diuretik alami

Kandungan air mentimun bertindak sebagai diuretik, sehingga mendukung penghapusan racun. Ini juga mengurangi pembengkakan.

4. Pendinginan dan pembersihan

Sifat pendinginan dan pembersihan jus mentimun segar sangat membantu untuk nutrisi dan pengencangan kulit.

5. Vitamin B

Beberapa vitamin B dalam mentimun diketahui bisa meningkatkan mood Anda. Mereka meredakan kecemasan dan mungkin membantu mengurangi stres

6. Serat

Mentimun adalah sumber serat larut dan tidak larut. Serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, sedangkan serat tidak larut melunakkan tinja dan mengobati sembelit, yang umum terjadi selama kehamilan.

7. Zat gizi mikro esensial

Kaya akan antioksidan termasuk vitamin C, beta-karoten, dan mangan, mentimun membantu meningkatkan kekebalan dan dengan demikian, mencegah tertular infeksi.

Selain itu, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, seng, tembaga, yodium, dan belerang semuanya penting untuk perkembangan janin dan bisa mencegah kelainan pertumbuhan.

9. Elektrolit

Ketersediaan elektrolit natrium dan kalium dalam jus mentimun membantu mengatur tingkat tekanan darah selama kehamilan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler