996 Dokter Bandung Siaga Lebaran

Jumat, 03 September 2010 – 05:45 WIB

BANDUNG – Sebanyak 996 dokter disiagakan untuk menghadapi lebaran tahun iniPara dokter tersebut ditempatkan di lokasi strategis jalur mudik terutama pada pos jaga kesehatan, Puskesmas dan rumah sakit di wilayah Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Alma Luchyati mengungkapkan, dokter jaga tersebut akan siaga dengan pelayanan medis 24 jam

BACA JUGA: Satu Lagi Korban Buol Dirawat

"Dokter jaga siaga di seluruh Puskesmas terutama tiga utama jalur mudik selatan, timur dan tengah ," tutur Alma di Bandung.

Menurut Alma,  khusus untuk melayani warga yang mudik tahun ini, Puskesmas disiagakan pada H-7 sampai H+7
Jumlah Puskesmas tersebut mencapai 774 dan difokuskan berada di jalur utama mudik

BACA JUGA: Lombok : Siap Hadapi Lebaran 2011

Sedangkan untuk melayani masyarakat nonmudik disiapkan 1.029 Puskesmas


"Seperti halnya pengalaman tahun lalu, warga yang tidak mudik banyak yang sakit diare akibat makan yang berlebihan, Sedangkan selama sebulan perut dilatih untuk kosong, maka otomatis perut kaget dengan pasokan makanan yang berlebihan," terang Alma.

Selain dokter jaga, dikerahkan juga 3.091 perawat dan 1.885 tenaga medis lainnya

BACA JUGA: Waspadai Calo Tiket !

Selain itu, untuk penunjang operasional membantu pengangkutan pasien dari Puskesmas ke rumah sakit rujukan disiagakan 599 unit mobil ambulans“Kita sudah koordinasikan dengan kabupten/kota agar ambulans disiagakan 24 jamAmbulans itu akan ditempatkan di lokasi strategis terutama di pos siaga tiga jalur mudik, puskesmas dan rumah sakit,” jelas Alma.
   
Pos jaga pelayanan kesehatan di tiga jalur mudik tersebut difokuskan di 87 Pos Bersama berupa tenda besar berisi berbagai pelayanan"Pos Bersama selain ada pelayanan kesehatan ada tempat istirahat dan panggung hiburan," ujar Alma.
   
Alma mengimbau pemudik agar memperhatikan tips perjalanan agar tetap nyaman dan sehatKhusus bagi pengendara sepeda motor jangan sampai mengendarai lebih dari tiga jam"Jika sudah tiga jam perjalanan sebaiknya istirahat dulu dan gunakan waktu yang tepat yaitu pagi hari atau sore menghindari matahari yang membuat lelah," tandas Alma.(idr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemudik Mulai Memadati Terminal-Stasiun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler