ABG Cantik Sidoarjo Tiga Hari Menghilang di Tangerang

Diduga 'Diculik' Kenalan dari Facebook

Selasa, 09 Februari 2010 – 09:40 WIB
FOTO - Nampak salah seorang keluarga saat menunjukkan foto Nova, Senin (8/2), ketika remaja itu masih berstatus menghilang. Foto: Irawan A/Tangsel Pos. Edit gambar: Arsito/JPNN.
TANGERANG - Remaja putri alias anak baru gede (ABG) nan cantik itu bernama NovaBaru berusia 14 tahun

BACA JUGA: Pelajar Dilarang Rayakan Valentine

Sayangnya, jauh-jauh datang dari Sidoarjo demi menghadiri pernikahan salah seorang pamannya di Jakarta, Nova lantas menghilang selama tiga hari dari kediaman kerabatnya di Tangerang
Selama itu, ia diduga diculik, dengan sangkaan pelakunya adalah salah seorang laki-laki kenalannya di situs jejaring sosial Facebook.

Nova diketahui menghilang saat sedang berkunjung ke rumah pamannya bernama Gatot, yang tinggal di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Jumat (5/2) malam, tepatnya sekitar pukul 18.30 WIB

BACA JUGA: 4 Tahanan Kabur dari Penjara

Seperti diceritakan oleh bibinya, Ningsih (59), kejadian itu berawal ketika Nova bersama orangtuanya mengunjungi resepsi pernikahan sepupunya di Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Sore harinya usai resepsi, kata Ningsih, Nova diketahui sempat menemui seorang pemuda tanggung bernama Ari yang sudah menunggunya, yang diduga merupakan salah seorang kenalannya di Facebook
"Kalau Nova telepon, sering sebut nama Ari," ujar Ningsih, Senin (8/2), menjelaskan dari mana antara lain keluarganya mengetahui identitas laki-laki tersebut.

Disampaikan Ningsih lagi, perkenalan awal Nova dengan Ari sendiri sebenarnya tak diketahui keluarganya

BACA JUGA: Sudah Ratusan Ayam Mati Mendadak

Cuma, sehari sebelumnya di Tanah Kusir, Nova sudah sempat bertemu dengan Ari, yang kebetulan saat itu kepergok oleh ibunya, SriIbunya lantas melarang Nova untuk berteman dengan Ari"Waktu itu ibunya tahu, dan langsung melarang Nova bertemu dengan lelaki itu," jelas Ningsih.

Namun disebutkan pula, saat kepergok ibunya tersebut, Nova yang adalah juga keponakan salah seorang anggota DPR RI itu, mengaku hanya memberikan nomor teleponnya kepada Ari"Sebentar, baru ngasih nomor telepon," tutur Ningsih lagi, menirukan ucapan Nova kepada ibunya waktu itu.

Hubungan via telepon itu pula yang kemudian di acara resepsi, terlihat oleh beberapa kerabat banyak dilakukan oleh Nova, kendati remaja itu sebenarnya bertugas sebagai salah seorang pagar ayuIa disebutkan terus bermain HP, sehingga terkadang tak menghiraukan tamu yang datang"Kata orang-orang yang ada di dekatnya waktu itu, Nova hanya main HP sajaDan saya yakin, dia SMS-an sama Ari," ungkap Ningsih.

Selanjutnya seusai acara, Nova pun mulai tak terlihat lagi berkumpul di tengah keluarga, meskipun masih sempat pulang bersama-sama keluarga ke rumah Gatot di kawasan BSDSaat itu memang sempat diketahui pula, Nova telah ditunggu dan dijemput di dekat rumah tersebut oleh pemuda yang diduga adalah Ari, yang datang bersama dua orang pemuda tanggung lainnya.

Dijelaskan Ningsih, memang saat itu terlihat ada dua pemuda lain bersama Ari, yang masing-masing menggunakan motor, serta sempat berhenti di depan rumah merekaNamun tanpa prasangka buruk dan firasat apapun, keluarga awalnya membiarkan begitu saja Nova yang menjumpai merekaHanya saja nyatanya, saat itulah terakhir kali Nova terlihat, karena setelah itu tak diketahui lagi keberadaannya - hingga tiga hari lamanya.

Cari Sampai ke Ancol, Gadis Supel dan 'Pasangannya' Itu Ditemukan di Tangerang
"Kami (itu) sampai di rumah sekitar pukul 16.00 WIBSatu jam kemudian, karena masih berkumpul, kami (lantas) menanyakan NovaTernyata sudah tidak ada di antara kamiSaat itu, kami pun (masih) mencoba menunggu kedatangannya, karena kami kira dia sedang keluar sebentarTetapi setelah ditunggu sampai pukul 21.00 WIB tidak juga muncul, akhirnya kami pun memutuskan untuk mencarinya," terang Ningsih, melanjutkan cerita saat awal menghilangnya Nova.

Para anggota keluarga, kata Ningsih pula, awalnya coba mencari Nova di sekitar lokasi perumahanTapi nihil"Bapaknya sempat SMSTidak ada balasanDitelepon pun HP-nya tidak aktif," ujar Ningsih"Padahal dia (Nova) sama sekali tidak mengetahui JakartaDan ini baru pertama kali Nova berada di (daerah) BSD, karena sebelumnya lebih sering menghabiskan waktu di rumah om-nya di Tanah Kusir," tambahnya.

Masih menurut Ningsih, pihak keluarga pun lantas semakin meluaskan wilayah pencarianMalah, pencarian itu bahkan akhirnya sampai ke kawasan Ancol, hingga Cilincing, Jakarta UtaraIni setelah pihak keluarga sempat meminta bantuan paranormal, yang kemudian memberikan 'petunjuk' bahwa Nova sedang bermain-main di dekat laut"Menurut orang pintar itu, Nova sedang main di daerah yang dekat laut," imbuh Ningsih lagi.

Namun nyatanya tiga hari sudah, Nova tak kunjung jua ditemukanHingga ayah Nova, Heri, bersama istrinya akhirnya melaporkan kasus kehilangan anak kedua mereka itu ke Mapolsek SerpongSementara, foto-foto gadis remaja yang terakhir kali disebutkan mengenakan kaus abu-abu tua, celana pendek warna krem, sepatu bahan kanvas warna hitam bercorak tutul-tutul putih, serta diketahui menyandang tas ransel warna coklat yang isinya beberapa potong pakaian itu, juga sempat disebarkan ke sejumlah tempat umum.

Nova sendiri sebenarnya dikenal sebagai gadis remaja yang manis dan cantikTubuhnya relatif mulus dan berkulit putih, ditambah rambut yang terurai sebahuBerwajah bulat, tinggi badannya sekitar 150 cm dengan berat sekitar 44 kgSelain berwajah cantik, ABG kelahiran Surabaya, 3 November 1995 ini, juga dikenal supel bergaul dan dikenal baik di lingkungannyaMakanya, Nova dikenal memiliki banyak teman dekat, baik lelaki maupun perempuan.

Hanya saja menurut Ningsih, anak kedua dari tiga bersaudara itu bisa dibilang sedikit manja kepada orangtuanya"Biasalah, namanya juga anak baru gede (ABG)," kata sang bibi, sambil menambahkan bahwa Nova juga kadang dianggap suka mudah percaya kepada orang lain, termasuk lewat pergaulan di dunia maya yang diketahui cukup diakrabinya.

Di Facebook sendiri saat sempat ditelusuri, ditemukan setidaknya ada lima akun atas nama Nova, yang di sana menyebut dirinya sendiri dengan panggilan EttaTiga akun memajang foto utama yang berbeda, sedangkan dua lainnya tanpa foto sama sekaliKelima akun dibuat dengan nama yang berbeda pulaAda yang menggunakan nama asli, sementara yang lain menggunakan nama aliasnyaDi salah satu akun Facebook-nya itulah, terdapat seorang temannya yang bernama Arie, yang tercatat menuliskan status 'telah menikah' dengan EttaBahkan terlihat, foto-foto Etta juga dipajang di wall sosok bernama Arie ini, dengan tajuk "bundaqw (bundaku) tercinta".

Agaknya, hubungan kedua insan muda seperti yang tampak di Facebook itulah yang mendorong menghilangnya NovaEntah itu dengan setengah dipaksa, atau bisa juga secara sukarelaHingga mereka berdua, sebagaimana diberitakan sejumlah situs berita, Selasa (9/2) dinihari tadi, akhirnya ditemukan jugaTak jauh-jauhMasih di sekitar Tangerang, yaitu di daerah Jatiwung, serta malah dikabarkan dijumpai oleh aparat kepolisian tengah berjalan berduaan.

Meski begitu, saat dibawa ke Polda Metro Jaya, menjelang sekitar pukul 02.00 WIB tadi pagi, Nova yang terlihat mengenakan rok batik serta atasan warna hitam, tampak menutupi mukanya sembari agak menangis terseduSementara sosok pemuda tanggung bernama Ari, yang diketahui kemudian berusia 18 tahun, dibawa ke Polda Metro oleh aparat dengan mobil terpisah, serta tampak memakai kaos putih dan celana jeansKeduanya langsung dimintai keterangan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Hingga Selasa pagi, Nova - maupun orangtuanya yang disebutkan telah menyusul - dikabarkan masih belum kembali ke rumah kerabat merekaKonon, sang gadis ABG masih menjalani visum di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM)Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh salah seorang sepupu Nova, yang lantas dibenarkan pula oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Boy Rafli AmarAri sendiri, disebutkan berkemungkinan terancam dakwaan hukum, berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan sejauh ini(edy/jpnn/ito)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Dinilai Cari Dukungan Tentara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler