Abraham Samad Sebut Menteri Susi tak Didukung Berantas Pencurian Ikan

Rabu, 24 Desember 2014 – 17:58 WIB
Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melakukan pertemuan dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, Rabu (24/12). Dalam pertemuan itu, mereka membicarakan tentang permasalahan pengelolaan ruang laut dan sumber daya kelautan.

Abraham menyatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkonsentrasi untuk mengatasi pelanggaran-pelanggaran di sektor kelautan dan perikanan. ‎Sayangnya, ada beberapa pihak yang tidak terlalu memberikan dukungan kuat untuk lebih menyelamatkan laut dan perikanan Indonesia.

BACA JUGA: Penghapusan Premium Bisa Hancurkan Bisnis Pertamina

"‎Oleh karena itu saya ingin tegaskan bahwa sebelumnya‎ KPK lakukan komitmen, deklarasi bersama dengan TNI, Kepolisian, dan Kejaksaan," kata‎ Abraham dalam konferensi pers di KPK, Jakarta, Rabu (24/12).

Pria asal Makassar, Sulawesi Selatan itu menjelaskan deklarasi ‎tersebut menyangkut penyelamatan sumber daya alam (SDA). SDA kata dia, menyangkut kelautan, hasil-hasil laut termasuk perikanan.

BACA JUGA: Polri Ogah Ikut-ikutan Bentuk Satgasus Berantas Korupsi

Karena itu, Abraham menegaskan pihak-pihak terkait komitmen bersama segera merealisasikan penyelamatan SDA. Pihak-pihak terkait deklarasi itu, kata dia, harus memberikan dukungan kepada KKP untuk menyelamatkan laut dan perikanan Indonesia.

"‎Akhir-akhir ini kita tahu ada konsentrasi Kementerian Kelautan dan Perikanan segera melakukan eksekusi kapal-kapal illegal fishing yang masuk dari luar, dan ini kita imbau kepada pihak TNI, pihak-pihak terkait untuk segera melakukan dukungan yang kuat kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan supaya kita bisa menyelamatkan sumber daya alam kita," tuturnya.

BACA JUGA: Kubu Djan Faridz Apresiasi Din Jadi Mediator Islah PPP

Abraham menyarankan harus dihindari hal-hal yang sifatnya berbelit-belit. "Yang terpenting di lapangan harus segera dilakukan tindakan yang konkrit," ucapnya.

KPK, kata Abraham, memberikan dukungan yang kuat terhadap KKP. "Untuk segera melakukan langkah-langkah konkrit menyelamatkan laut dan ikan," ujarnya.

‎Sementara itu, Susi berharap KPK, Kepolisian, dan TNI bisa melakukan kerja sama untuk mengatasi masalah di sektor kelautan dan perikanan. "Saya harap industri perikanan kita bisa bangkit," tandasnya. (gil/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hambat Eksekusi Mati Terpidana Narkoba, MK Disalahkan Jaksa Agung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler