Aceh Digoyang Gempa, Warga Panik

Minggu, 18 Mei 2014 – 09:06 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Minggu (18/5) pagi pukul 08.02 Wib, terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 SR, dengan pusat  gempa 342 km barat daya Kabupaten Aceh Jaya. Pusat gempa di laut dengan kedalaman 15 km.

"Tidak ada potensi tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (18/5).

BACA JUGA: Perjuangkan Honorer K2 yang Gagal Tes Diangkat jadi CPNS

Data yang disampaikan Sutopo berasal dari laporan BMKG. Dijelaskan, Posko BNPB telah menghubungi beberapa BPBD di Aceh.

Gempa terasa sedang hingga cukup kuat beberapa detik oleh warga masyarakat di pesisir barat di Aceh Jaya dan Meulaboh (Aceh Barat).

BACA JUGA: Dewan Minta Pemkab Batasi Toko Modern

"Sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah," ujar Sutopo. Berdasarkan peta guncangan gempa, intensitas gempa berskala III-IV MMI (sedang). Belum ada laporan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pengecekan di lapangan. Kondisi masyarakat tetap berjalan normal.
 
Dijelaskan Sutopo, lokasi gempa 6,4 SR yang terjadi pada pagi hari ini  merupakan satu komplek dengan lokasi gempa 8,5 SR yang terjadi pada 11 April 2012. Pusat gempa berada di bagian luar dari daerah pertemuan lempeng Hindia Australia dengan Eurasia atau outer rise earthquake. Mekanisme gempa diperkirakan bersumber dari sesar geser. "Bukan sesar naik sehingga tidak menimbulkan potensi tsunami," ucapnya.
 
"Masyarakat diimbau tetap waspada. Gempa bersifat quick on set. Artinya terjadi secara mendadak dan tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Jika terjadi gempa secepatnya keluar dari bangunan dan berkumpul di tempat yang aman," pungkas birokrat bergelar doktor itu. (sam/jpnn)

 

BACA JUGA: Hamili Siswi SMP, Anak Caleg Terpilih di Muaro Labuah Dipolisikan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Walikota Bantah Honorer Lama Didepak, Diganti yang Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler