Ada 3 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik, Pengusaha Wajib Tahu!

Rabu, 26 Januari 2022 – 18:35 WIB
Software jurnal untuk membantu pengelolaan keuangan UKM. Foto: Mekari

jpnn.com, JAKARTA - Banyak pengusaha yang belum mengetahui faedah program pembukuan usaha kecil, padahal baik untuk perubahan usahanya.

Mereka masih menerapkan beberapa cara formal seperti pembukuan manual, mesin kasir tua, hingga model pembayaran yang kurang terbaru.

BACA JUGA: Maksimalkan Teknologi di Era Digital, Toko Online Kini Makin Canggih

Cara manual tersebut membutuhkan banyak sekali waktu untuk mengatur keuangan secara formal. Langkah ini berisiko besar mengakibatkan kekeliruan.

Kesalahan dalam pendataan dan penghitungan keuangan usaha berimbas pada kerugian pemilik usaha.

BACA JUGA: Kreasi Lulusan Akuntansi UGM Ini Patut Diacungi Jempol

Karena itu, Anda yang sedang memiliki usaha sudah saatnya memanfaatkan program pembukuan dan berhenti menggunakan cara manual. Waktunya memakai program yang lebih canggih dan kekinian.

Sebelum beralih ke program pembukuan yang lebih canggih, sebaiknya Anda memahami alat atau aplikasi pembukuan usaha kecil.

BACA JUGA: Teknologi Informasi Harus Masuk di Mata Kuliah Akuntansi

Aplikasi pembukuan usaha kecil adalah teknologi yang memudahkan pemilik usaha untuk memonitor keuangan yang masuk lewat data dalam aplikasi.

Di dalamnya, ada program untuk menulis seluruh bisnis sampai menyediakan laporan akuntansi secara otomatis.

Rata-rata aplikasi keuangan untuk usaha ini dilengkapi fitur pendataan kasir, rekonsiliasi bank, observasi persediaan barang di gudang, dan lain-lain.

Tujuannya adalah mempermudah mengurus laporan akuntansi dengan cepat, presisi, serta terbuka.

Untuk memilih aplikasi pembukuan usaha kecil gratis, Anda harus menyesuaikan keperluan usaha. Sebab, keperluan tiap perusahaan dalam menggunakan aplikasi pembukuan pasti berbeda.

Sebaiknya, dalam memilih aplikasi pembukuan usaha kecil gratis, Anda membuat daftar terkait apa saja yang sekarang diperlukan perusahaan.

Contohnya, perusahaan membutuhkan aplikasi yang dapat mendata stok barang.

Jadi, tanyakan kepada penyuplai aplikasi apakah ada fitur tersebut.

Selanjutnya adalah mengecek keamanan data aplikasi tersebut. Waktu hendak memesan aplikasi pembukuan itu, pastikan penyuplai mampu mengurus data perusahaan dengan baik. Terutama terkait kepercayaan akan kerahasiaan data perusahaan.

Karena itu, silakan periksa reliabilitas penyuplai pelayanan aplikasi tersebut, lalu pesan bila memang bisa dipercaya.

Anda disarankan memilih aplikasi yang mempunyai sertifikat sah ISO 27001 karena dapat mengontrol keamanan data perusahaan.

Selain itu, aplikasi akuntansi dapat mencatat dan memproses data transaksi akuntansi.

Hal ini sangat penting dalam dunia bisnis apa pun karena masuk dalam pengelolaan dan manajemen keuangan. Dengan begitu, finansial perusahaan bisa tetap berjalan lancar dan aman.

Jika mantap menggunakan aplikasi pembukuan ini, Anda sebagai pengusaha akan mendapat beberapa manfaat dan kemudahan.

Yakni, memudahkan Anda mengerjakan akuntansi secara pribadi, keamanan data terjamin oleh sistem, dapat menghemat biaya dan waktu jika bujet terbatas untuk mempekerjakan akuntan secara langsung.

Selain itu, Anda tidak perlu pusing dengan perumusan akuntansi, dapat meminimalkan kesalahan, bisa mengaksesnya di mana pun dan kapan pun, laporan keuangan dapat diakses dengan cepat sehingga bisa mengambil keputusan bisnis.

Anda bisa memilih beberapa software akuntansi atau aplikasi pembukuan usaha yang direkomendasikan.

Pertama adalah aplikasi Jurnal. Software ini menyediakan berbagai fitur seperti pencatatan biaya, pelacakan persediaan, serta fitur manajemen aset. Untuk aplikasi keuangan Jurnal, Anda bisa mengaksesnya dimana pun dengan menggunakan internet. Jurnal biasanya cocok digunakan dalam bisnis yang berskala kecil atau menengah.

Kedua, aplikasi Accurate. Software ini bisa digunakan secara online atau offline. Namun, untuk Accurate offline, Anda bisa menggunakan Accurate desktop, sedangkan untuk yang online bisa mencoba Accurate online.

Ketiga, software Akuntansi UKM–Keuangan. Aplikasi ini gratis, tidak ada iklan, era batas, dan semua negosiasi bisa dicatat.

Tidak ada batas era laporan akuntansi, dapat dipakai untuk personal atau usaha, dan bisa dipakai secara offline.

Software akuntansi menjadi salah satu teknologi yang dapat mempermudah para pemilik bisnis. Laporan keuangan yang tepat, rapi, dan cepat menjadi keuntungan. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler