Ada Kepentingan Politik di Balik Kopdarnas Driver Online

Senin, 26 Maret 2018 – 06:57 WIB
Suasana saat driver online saat antar jenazah Edward Limba ke pemakaman, kemarin. FOTO:BUDIMAN/SUMATERAEkspres/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Wasekjen Jaringan Aktivis ProDEM Agung W Hadi mengecam acara Kopdarnas Driver Online yang digelar di Ragunan kemarin, Minggu (25/3). Menurutnya acara tersebut mengeksploitasi driver online untuk kepentingan politik.

"Setelah sekian lama dikangkangi dan dieksploitasi oleh aplikator, sekarang mereka (driver online) dieksploitasi untuk kepentingan politik," ujar Agung dalam keterangan persnya, Senin (26/3).

BACA JUGA: Para Driver Taksi Online di Medan tak Perlu Lagi Waswas

Dikatakannya, acara tersebut digelar Aliansi Driver Online (Aliando) bersama Posko Perjuangan Rakyat (Pospera). Sedangkan anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Adian Napitupulu adalah anggota Dewan Pembina Pospera. Apalagi, lanjut Agung, beberapa hari sebelum Kopdarnas, anggota Aliando mengikuti rapat dengar pendapat dengan Fraksi PDIP.

Indikasi politisasi dan didanai oleh pihak tertentu sudah terendus oleh komunitas driver online se-Jabodetabek yang menolak hadir dalam acara tersebut.

BACA JUGA: Bola Panas e-KTP dan Tameng Oposisi Ala PDIP

"Mereka mempertanyakan pendanaan acara tersebut. Namun, pihak panitia lokal tidak mampu menjawabnya," terang dia.

Agung berharap driver online yang sempat ikut acara tersebut sadar bahwa mereka tengah dieksploitasi. Menurut dia, driver online seharusnya bersatu untuk memperjuangkan nasib mereka, bukan jadi alat politik pihak lain.

BACA JUGA: Jokowi Bertemu Airlangga Hartarto, Ini Kata Politikus PDIP

"Seharusnya dari awal mereka sebagai driver online harus memperjuangkan nasib dan kesejahteraan mereka ke aplikator yang menghisap, bukan mengarah ke gerakan politik," pungkasnya. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aplikator Angkutan Online Diminta Lebih Selektif


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Driver Online   PDIP   Aliando   Pospera  

Terpopuler