Ada Serban, Buku, dan Doa dari Tuan Guru Bagu untuk Ganjar Pranowo

Minggu, 03 Desember 2023 – 16:36 WIB
Ulama karismatik Pulau Lombok Tuan Guru Haji (TGH) Lalu Turmudzi Badaruddin atau Tuan Guru Bagu (berbaring di tempat tidur) mendoakan capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo yang menjenguknya di (Ponpes) Qamarul Huda, Desa Bagu, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo bersilaturahmi kepada ulama karismatik Pulau Lombok Tuan Guru Haji (TGH) Lalu Turmudzi Badaruddin atau Tuan Guru Bagu pada Minggu (3/12/2023).

Ganjar menemui ulama nahdiyin itu di Pondok Pesantren (Ponpes) Qamarul Huda, Desa Bagu, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

BACA JUGA: Ganjar Hebohkan CFD Mataram, Diana Berteriak sambil Gendong Balita, Risma Memuji Alam

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) 2013-2018 dan 2018-2023 tersebut langsung disambut sahibulbait yang sudah menganggapnya seperti anak sendiri.

Meski sedang dalam kondisi kurang sehat, Tuan Guru Bagu tetap menyempatkan menerima Ganjar.

BACA JUGA: Ganjar Disambut Meriah Tokoh Adat & Warga Lombok, Selamat Datang di Pulau Seribu Masjid

Memang capres bernomor urut 3 itu mengunjungi Ponpes Qamarul Huda bukan semata-mata bersilaturahmi, melainkan juga menjenguk Tuan Guru Bagu yang sakit.

Begitu Ganjar tiba di Ponpes Qamarul Huda, alunan selawat langsung terdengar. Ratusan santri mendekati dan menyalaminya.

BACA JUGA: Ganjar Menyerap Aspirasi Perempuan & Disabilitas saat Keliling Indonesia Timur

"Pak Ganjar, mau salim, Pak. Terima kasih sudah datang ke pondok kami," ujar santri yang menyalami tokoh berpostur tinggi dengan rambut putih itu.

Ganjar pun dengan telaten meladeni setiap santri yang mengajak bersalaman. Sesekali menantu kiai nahdiyin di Purbalingga, Jateng, itu juga bertanya tentang daerah asal santri Ponpes Qamarul Huda yang menyalaminya.

Ada santri yang mengaku dari Dompu dan Buma di NTB. Namun, ada pula yang mengaku berasal dari Sumatra.

“Pak, saya dari Bengkulu sudah tiga tahun di sini," tutur seorang santri.

Syahdan, Ganjar memasuki kediaman Tuan Guru Bagu. Tuan rumah pun langsung menerima Ganjar dengan penuh keramahan.

Saat itu Ganjar langsung menyalami dan mencium tangan Tuan Guru Bagu.

"Selamat datang di kediaman kami, Pak Ganjar," ucap Tuan Guru Bagu yang terbaring di dipan kamarnya.

Sambutan dari Tuan Guru Bagu untuk Ganjar berlanjut. Ulama kondang itu memberikan serban hijau ke leher Ganjar.

Selain itu, Tuan Guru Bagu juga mendoakan Ganjar yang sedang berikhtiar dalam Pilpres 2024.

Tuan Guru Bagu juga memberikan buku karyanya sebagai cendera mata untuk Ganjar. "Semoga Pak Ganjar berkenan membacanya," ucap Tuan Guru Bagu.

Setelah itu, Ganjar menemui para santri di aula ponpes. Di hadapan para santri dan tuan guru pengajar pesantren, tokoh kelahiran 28 Oktober 1968 itu  menyampaikan pesannya.

Ganjar mengatakan tantangan yang dihadapi Indonesia ke depan sangat tidak mudah.

Oleh karena itu, capres yang berpasangan dengan Mahfud MD tersebut meminta para santri di Ponpes Qamarul Huda mempersiapkan diri demi masa depan.

“Belajar yang rajin, hormati tuan guru, para guru, dan selalu minta doa restu orang tua. Jangan lupa, yang paling penting ialah menjaga persatuan antar-anak bangsa," pesan Ganjar.

Para santri yang mendapat petuah dan bersua langsung dengan Ganjar pun mengaku senang.

"Excited (senang, red) banget ketemu Pak Ganjar. Bisa datang ke pondok ini merupakan sebuah kebahagiaan bagi kami,” ujar santriwati bernama Putri Salina.

Menurut dia, Ganjar menyampaikan pesan yang sangat berharga bagi para santri. “Semoga Pak Ganjar bisa menjadi pemimpin yang amanah ke depannya," harapnya.(jpnn.com)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Stafsus Presiden Jokowi: Jangan Lupa Pilih Pak Ganjar, Ya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler