Ada Tol Mapan, Libur Lebaran, Reuni, Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Malang

Senin, 27 Mei 2019 – 12:57 WIB
Tol Malang - Pandaan. Foto: Darmono/Radar Malang/JPG

jpnn.com, MALANG - Beroperasinya tol Malang - Pandaan alias Mapan diyakini membuat warga luar kota tertarik berwisata ke Malang.

Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni memprediksi akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan selama libur Lebaran yang dipengaruhi sejumlah faktor. Mulai dari sudah beroperasinya tol Mapan hingga masa libur Lebaran yang lebih panjang.

BACA JUGA: PPDB 2019 Jalur Zonasi di Kota Malang Kisruh

”Kami optimistis Lebaran tahun ini bakal ada peningkatan kunjungan yang signifikan ke Kota Malang,” terangnya.

Kepala Seksi Pemasaran Pariwisata Disbudpar Kota Malang Agung H. Buana menambahkan, tol Mapan yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa menjadikan akses menuju Kota Malang lebih menyenangkan dengan lewat jalur darat.

BACA JUGA: Jakarta Bersiaplah, Jakcloth Lebaran Hadir di Senayan !

”Dengan menggunakan kendaraan pribadi, jika biasanya bepergian cuma empat orang, saat liburan kali ini keluarga yang dibawa bisa sampai 6–7 orang. Praktis saat memesan kamar hotel tentu juga akan lebih banyak,” ujarnya.

BACA JUGA: THR PNS dan CPNS Cair Hari Ini, Bagaimana Perasaan Honorer ya?

BACA JUGA: PPDB 2019 Sistem Zonasi, Ribut soal Jarak Rumah ke Sekolah

Menurut Agung, ada daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mencoba rute jalur darat via tol Mapan. ”Jadi perjalanan ke Malang itu juga menjadi sensasi tersendiri dan menjadi bagian dari spot wisata,” imbuhnya.

Dia yakin, dengan makin menggeliatnya wisata di Malang Raya, wisatawan akan memilih menginap di Kota Malang sebelum berkunjung ke tempat wisata di Kota Batu atau Kabupaten Malang.

Peningkatan angka kunjungan wisatawan tahun ini, jelas Agung, juga karena masa libur Lebaran tahun ini lebih lama, yakni mulai H-10 hingga H+7 Lebaran.

”Dari pantauan kami, H-3 sampai H+3 Lebaran itu hotel akan penuh. Baik mereka yang berwisata maupun yang hanya melakukan agenda seperti halalbihalal atau reuni,” ungkapnya.

Sementara itu, dari data Disbudpar Kota Malang dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan selalu naik.

Di tahun 2016, jumlah wisatawan domestik yang datang ke Malang sebanyak 3,9 juta orang. Sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 9.535 orang. Jumlah tersebut meningkat di tahun 2017 dengan rincian wisatawan domestik 4,3 juta orang dan turis mancanegara 12.456 orang.

Sementara tahun 2018 lalu, jumlah wistawan domestik yang datang ke Kota Malang sebanyak 4,8 juta orang dan turis asing 15.034 orang.

BACA JUGA: Mustofa Nahra Ditangkap Polisi, Iwan Fals Komentarnya Begini

”Tahun ini kami prediksi akan lebih tinggi lagi tingkat kunjungannya. Secara otomatis, kami memprediksi hotel tentunya akan banyak yang sold out,” tandasnya. (bdr/c1/nay)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alhamdulillah, Honor Anggota Linmas Naik, Rp 100 Ribu Belum Potong Pajak


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler