Afridza Munandar Mendapat Penghormatan Sebagai Pahlawan Olahraga

Selasa, 05 November 2019 – 12:27 WIB
Afridza Syach Munandar, pembalap Indonesia binaan Astra Honda. Foto: ATC

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai bentuk perhormatan terakhir atas prestasi yang telah ditorehkan almarhum Afridza Munandar, Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar mendapuk pembalap muda bertalenta itu, sebagai pahlawan olahraga dari Jabar.

"Afridza adalah pahlawan olahraga Jawa Barat," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jabar Engkus Sutisna saat melayat di rumah duka Perumahan Tamansari Indah, Kelurahan Karsamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA: Barang Berharga Milik Almarhum Pembalap Indonesia Afridza akan Dimuseumkan

Engku menyebutkan, Afridza merupakan atlet balap motor asal Kota Tasikmalaya yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan menunjukan prestasinya di tingkat internasional.

Sayang, perjalanan karier Afridza itu, tambahnya, harus berakhir setelah kecelakaan saat balapan Asia Talent Cup di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11).

BACA JUGA: Hasil Autopsi, Ini Penyebab Kematian Pembalap Indonesia Afridza Munandar

"Karena cedera di kepala, Afridza pun menghembuskan napas terakhir. Dia gugur di Sepang Malaysia," ucap Engkus lagi.

Ia menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jabar turut berduka cita dan merasa kehilangan atas meninggalnya pembalap muda berbakat itu.

BACA JUGA: Berita Duka: Pembalap Indonesia Meninggal Dunia saat Balapan di ATC 2019 Sepang

Engkus menyampaikan, kedatangannya mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang tidak bisa melayat dan menghadiri proses pemakaman atlet balap motor itu.

"Saya atas nama pemerintah turut berduka cita sedalam-dalamnya," kata Engkus.

Sejurus itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar, Hadi Fahrul, juga mengatakan merasa kehilangan dengan meninggalnya Afridza saat menjalani balapan di Malaysia.

Fahrul mengaku, alhmarhum sudah seperti anak sendiri dan sering berkomunikasi sehingga adanya kabar itu membuat IMI berduka.

"Almarhum sudah seperti anak saya sendiri, kita begitu dekat," katanya.

Mendiang Afridza dimakamkan di tempat pemakaman keluarga, Kampung Sambongbencoy, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler