Airlangga Mundur, Alasannya Demi Menjaga Keutuhan Partai Golkar

Minggu, 11 Agustus 2024 – 15:12 WIB
Dokumentasi - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat bersama wakil presiden terpilih hasil Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka. Foto: Instagram airlanggahartarto_official

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memilih mundur dari jabatannya, terhitung sejak Sabtu (10/8).

Dia menyatakan memilih mundur setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Mundur dari Ketum Golkar, Airlangga Singgung Nama Jokowi hingga Gibran

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan yang Maha Besar maka dengan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," ujar Airlangga dalam keterangannya, Minggu (11/8).

Menurut Airlangga selanjutnya DPP Partai Golkar segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku.

BACA JUGA: Arief Tanggapi Isu Airlangga Mundur dari Ketum Golkar, Analisisnya Ngeri

Semua proses akan dilakukan dengan damai, tertib dan dengan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar.

Dalam pemaparannya Airlangga tidak menyebut alasan lain pengunduran dirinya. Namun, secara umum dia menggambarkan kemungkinan tampuk kepemimpinan Partai Golkar ke depan akan dipimpin figur yang lebih muda.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Dikabarkan Mundur dari Posisi Ketum Golkar

Hal tersebut tersirat dalam pandangannya yang menyebut demokrasi harus dikawal dan dikembangkan terus-menerus, di mana partai politik adalah pilar utama demokrasi.

"Indonesia ini negeri besar. Karena itu penting memastikan demokrasi terus berjalan dari satu generasi ke generasi berikutnya," kata Airlangga.

Pria yang juga menjabat Menko Bidang Perekonomian itu lebih jauh mengatakan Partai Golkar sejauh ini telah menjadi kebanggaan semua serta menjadi kekuatan terdepan demokrasi Indonesia.

"Selama 60 tahun Golkar telah membuktikan semua itu. Dalam Pileg 2024, segenap kader telah bersama-sama menaikkan pencapaian partai dengan merebut 102 kursi DPR RI, serta ratusan bahkan ribuan kursi parlemen di berbagai tingkat pemerintahan dari Sabang sampai Merauke," katanya.

Dia mengatakan dengan keringat bersama, serta dengan tekad bersama, Partai Golkar berhasil melakukan transformasi menjadi kebanggaan seluruh kader partai berlambang pohon beringin.

Dalam Pilpres lalu, kata Airlangga, Golkar juga memberi kontribusi besar dalam kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Mereka akan melanjutkan kepemimpinan negara untuk makin mempercepat lagi langkah dalam memajukan seluruh bangsa Indonesia," katanya.

Airlangga mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pihak yang telah bekerja sama dengannya membantu membesarkan Partai Golkar.

Dia meyakini seluruh prestasi yang telah dicapai bersama sejauh ini akan terus dilanjutkan dengan lebih baik lagi.

Dia lantas secara khusus berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Wapres Kiai Haji Maruf Amin. Kemudian, presiden terpilih hasil Pemilu 2024 Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para senior Golkar, khususnya, Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, Luhut Binsar Panjaitan, Akbar Tanjung, Agung Laksono serta Muhamad Hatta.

Kepada jajaran pengurus DPP Partai Golkar, serta kepada seluruh pimpinan partai kita di tingkat provinsi, kota dan kabupaten, Airlangga optimistis dapat terus menjaga soliditas dan kesinambungan Partai Golkar.

"Khusus kepada para kader dan simpatisan Partai Golkar saya mengimbau untuk terus merawat partai dengan penuh semangat dan optimisme. Saya yakin, Partai Golkar akan terus melangkah ke depan dan memberi kontribusi positif bagi tanah air," katanya.

Airlangga juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Rakyat Indonesia atas dukungan dan kepercayaan kepada Partai Golkar sebagai pembawa harapan bagi kemajuan bersama.

"Sebagai pribadi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan atau kesalahan yang saya lakukan. Saya yakin dengan kebersamaan yang erat, Indonesia akan menjadi negeri yang makin membanggakan semua," ucapnya.

Sebagai penutup Airlangga mengutip satu bait dalam Hymne Partai Golkar. 'Hiduplah Golangan Karya! Semoga Tuhan selalu melindunginya'. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Panggil Menko Airlangga Bicara 4 Mata Bahas Hal Penting


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler