Bayangkan tinggal di negara maju seperti Australia, tetapi warganya takut untuk minum dari air keran di rumah seperti yang lazim dilakukan di sana.

Itulah yang terjadi di Walgett, sebuah kota kecil berpenduduk sekitar enam ribu jiwa di negara bagian New South Wales yang beribu kota di Sydney.

BACA JUGA: Hidung Sapi seperti Sidik Jari Manusia: Teknologi AI Bisa Dipakai untuk Atasi Pencurian Ternak

Penduduknya kebanyakan warga aborigin yang selama lima tahun terakhir hidup tanpa pasokan air dari tanah.

"Kami tidak bisa minum dan menggunakan air dari keran di rumah," kata Lorraine Murray seorang perempuan aborigin kepada ABC.

BACA JUGA: Hakim Menguatkan Putusan Hukuman Mati Dalam Sidang Banding Ferdy Sambo

"Airnya kotor dan bau."

Survei keamanan air yang dilakukan terhadap 250 warga asli di Walgett menyimpulkan bahwa 44 persen warga mengkhawatirkan akses air bersih.

BACA JUGA: Sepatu Michael Jordan di Final NBA Tahun 1998 Terjual Rp 33 Miliar

Angka kekhawatiran soal air ini lebih tinggi dari Bangladesh dan hampir sama dengan keadaan masyarakat pribumi di Kanada.

Setelah bertahun-tahun mengalami kekeringan dan kekurangan air, Walgett menggantungkan diri dari air yang dipompa dari Great Artesian Basin, sumber air bawah tanah yang sudah ada turun-temurun.

Air tanah di Walgett ini memiliki kandungan garam lebih tinggi dan rasanya lebih asin dibandingkan air dari keran lainnya karena air di Great Artesian Basin memiliki jenis kandungan garam yang berbeda.

"Rasanya seperti kita menggunakan pelembab di tangan, rasanya agak berlendir," kata Lorraine,

"Ini membuat saya sangat marah pada mereka yang mengurusi soal air."

Menteri Urusan Air NSW, Rose Jackson, mengatakan kepada ABC bahwa "pemerintah NSW sudah memberikan bantuan kepada pemerintah kota Walgett untuk mendapatkan infrastruktur dan bantuan teknik supaya masalah tersebut teratasi."Risiko kesehatan

Bukan masalah rasa saja yang mengkhawatirkan warga Walgett dari pasokan air mereka,

Tes sebelumnya yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa kadar sodium di sana lebih tinggi dari ambang batas.

Tidak ada standar kesehatan mengenai tingkat sodium yang aman di Australia, tetapi para pakar mengatakan tingkat sodium yang tinggi dalam air akan membahayakan mereka yang mengidap penyakit kronis.

Laboratorium Penelitian Air NSW sudah melakukan analisa terhadap hasil tes resmi yang dilakukan pemerintah selama empat tahun terakhir di Walgett.

"Angka sodium yang dianalisa adalah 15 kali lebih tinggi dari apa yang direkomendasikan bagi mereka yang mengalami masalah dengan gagal ginjal," kata Dr Martin Anderson dari Lab Penelitian Air NSW.

Dr Andersen juga menambahkan bahwa mereka yang menderita diabetes dan masalah jantung sebaiknya tidak minum air yang banyak mengandung kadar garam.

"Bagi orang dewasa yang sehat, mungkin tidak masalah," katanya.

"Tetapi bila anda memiliki kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, gagal ginjal, kita sebaiknya tidak meminum air yang mengandung kadar garam setinggi itu."'Dia bisa meninggal karenanya'

Putra Lorraine yang berusia tujuh tahun, Dale, sekarang mengalami masalah ginjal, dan bila kesehatannya tidak membaik, dia mungkin perlu menjalani transplantasi ginjal.

Lorraine yang meniliki 10 orang anak itu sudah mengalami trauma mengurusi Dale selama ini.

"Ketika kondisinya memburuk, Dale tidak bisa melihat, perutnya membesar seperti balon," kata Lorraine menggambarkan keadaan ketika Dale harus diterbangkan dengan pesawat ke rumah sakit di Sydney.

Lorraine mengatakan Dale sekarang harus mematuhi saran dokter untuk mengonsumsi makanan rendah garam, dan karenanya biaya belanjanya tiap minggu bisa mencapai A$900 (sekitar Rp9 juta) untuk berbagai makanan khusus tersebut.

"Dokter mengatakan kepada saya Dale tidak bisa minum dari air yang ada," kata Lorraine kepada ABC.

"Kadar sodiumnya lebih tinggi dari air biasa. Jadi Dale tidak bisa minum dari air keran di rumah, sehingga kami harus membeli air botolan dari toko."

Dengan kebanyakan warga di Australia bisa mendapatkan air bersih dari keran di rumah mereka, Lorraine harus menghabiskan sekurangnya Rp500 ribu per minggu untuk membeli air untuk minum, mencuci sayuran dan memasak.

"Semua ini mahal sekali tapi kami tidak punya pilihan," katanya.

"Dengan kondisi yang dialami Dale, dia bisa meninggal karenanya."Mulai kehilangan kesabaran 

Seorang warga lainnya Mary Kennedy mengatakan dia harus menghindari makanan yang asin dan juga minuman agar tekanan darahnya terkendali.

"Saya punya masalah kronis, dan diabetes," kata Mary.

"Juga adalah masalah dengan jantung dan ginjal."

Karena kualitas air di sana, 80 persen dari warga aborigin yang tinggal di Walgett sepanjang tahun lalu harus menggantungkan diri dari air kemasan yang dibeli atau hasil sumbangan warga lain.

Walgett terletak sekitar 700 kilometer dari Sydney, sehingga bahan makanan segar menjadi lebih mahal dibandingkan kota regional lain karena biaya transportasi.

Setiap dua minggu, Mary khawatir akan kehabisan uang dan kehabisan persediaan air minum kemasan.

"Saya tidak akan pernah minum air tanah di sini, saya tidak mau melakukannya karena kondisi kesehatan," katanya.

"Saya mendapat pensiun disabilitas, jadi saya tiap dua minggu selalu khawatir karena harus membeli bahan makanan yang harganya semakin tinggi dan juga khawatir soal air minum."Masih aman untuk diminum

Fasilitas untuk mengurangi tingkat sodium yang dikenal dengan nama mesin Reverse Osmosis sudah didatangkan ke Walgett tiga tahun lalu, setelah adanya keluhan dari warga mengenai air yang asin, meski sudah ada jaminan dari pihak kesehatan bahwa air itu masih aman untuk diminum.

Mesin tersebut dimaksudkan untuk mengurangi tingkat sodium dari air tanah Walgett, tapi mesin itu berhenti beroperasi setelah beberapa bulan karena masalah logistik dan tempat pembuangan.

"Mereka kehabisan tempat untuk menampung air yang tidak terpakai," kata Dr Martin Andersen.

"Air asin yang hendak dibuang tersebut ditempatkan di danau buatan dan pompanya sudah penuh sehingga mesinnya harus dimatikan.

Dinas Kesehatan NSW mengatakan kepada ABC akan mendukung usaha kota Walgett untuk bisa menggunakan air sungai sebagai pasokan air warga secepat mungkin.

Dalam pernyataannya, NSW Health mengatakan air tanah Walgett ini aman menurut standar Petunjuk Air Minum Australia saat ini.

"Petunjuk Air Minum Australia tidak menentukan batas ambang kesehatan mengenai tingkat sodium," kata NSW Health.

"Kontribusi sodium dari air lebih sedikit dibandingkan dari makanan. Namun memang konsumsi sodium berlebihan dari makanan bisa membahayakan kesehatan kita. Kebanyakan sodium yang masuk ke dalam tubuh kita berasal dari makanan."

Artikel ini diproduksi oleh Sastra Wijaya dari ABC News.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dulunya Salah Satu Negara Terkaya di Dunia, Argentina Kini Mengalami Inflasi 100 Persen

Berita Terkait