Ajax v Real Madrid: Sulit Fokus

Selasa, 23 November 2010 – 11:52 WIB
KONFIDEN - Mesut Ozil (kiri) dari Real Madrid ketika berhadapan dengan pemain Ajax Amsterdam pada laga pertama mereka di Liga Champions beberapa waktu lalu. Foto: Zimbio.com.
MADRID - Real Madrid sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Liga ChampionsNamun, mereka tidak boleh menurunkan tensi

BACA JUGA: Peluang Giallorossi Merebut Tiket Tersisa

Jika ingin memenuhi ambisi lolos sebagai juara grup, Cristiano Ronaldo dkk wajib menuai poin dari lawatan ke Amsterdam ArenA, kandang Ajax Amsterdam, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 02.30 WIB).

Los Blancos - sebutan Real - memang hanya membutuhkan satu poin untuk memungkasi fase grup sebagai pemimpin klasemen Grup G
Pelatih Real Jose Mourinho pun diperdiksi menggunakan kesempatan ini untuk sedikit menyimpan tenaga

BACA JUGA: Beruang Madu Kejar Poin Sempurna

Maklum, pekan depan mereka melakoni duel akbar melawan rival utamanya Barcelona dalam laga bertajuk el clasico (29/11).

"Memang benar, pekan ini kami harus membagi fokus dengan Senin depan
Tapi kami masih di puncak klasemen Liga Primera, dan kita lihat nanti," jelas Aitor Karanka, asisten pelatih Real, seperti dilansir Reuters.

"Tapi pertama, kami harus konsentrasi memikirkan laga yang sudah di depan mata, yakni Selasa besok, melawan Ajax," sambungnya

BACA JUGA: Ibra Rayu Balotelli ke Milan

"Tentu saja akan ada beberapa perubahan skema saat melawan AjaxTapi semua berjalan lancar, dan kami punya banyak pemain yang bisa tampil kapan saja," tegas mantan gelandang Real itu.

Dua pilar yang sudah pasti tidak akan dibawa ke Amsterdam ArenA nanti adalah striker Gonzalo Higuain dan gelandang bertahan Sami KhediraHiguain mengalami masalah punggung, sedangkan Khedira mengalami cedera hamstring ketika membantu Real membantai Athletic Bilbao 5-1 Sabtu malam laluPosisi mereka kemungkinan besar akan diisi Lassana Diarra dan Karim Benzema.

Namun, satu hal yang membuat Real cukup konfiden menyongsong laga iniMereka sedang dalam puncak performaMereka tidak hanya tidak terkalahkan, tapi juga selalu menang dalam tujuh laga terakhir di liga domestikRonaldo pun tengah on fire, kapten timnas Portugal itu memborong tiga gol saat melawan BilbaoMeski engkelnya sedikit bermasalah, kemungkinan besar dia akan tetap diturunkan.

Di sisi lain, Mourinho mewanti-wanti anak buahnya agar kejadian di matchday keempat lalu tidak terulangSaat menantang AC Milan di San Siro, mereka sudah leading 1-0, tapi kemudian dibalas oleh dua gol Filippo Inzaghi dalam waktu 10 menitGol darurat Pedro Leon di menit keempat injury time yang menyelamatkan mereka.

"Kami tidak boleh melakukan kesalahan yang samaKeberuntungan tidak datang setiap hari," tegas Mourinho, seperti dilansir Soccernet"Kami sudah memetik banyak pelajaran dari hasil di Milan, dan kami akan tidak membiarkan Ajax mengambil alih kontrol laga meski kami sudah leadingItulah pentingnya kami fokus pada laga iniEl clasico hanyalah laga biasa, dan nilainya tidak lebih besar," tandasnya.

Kondisi Real yang harus memecah fokus dengan el clasico itu bakal dimanfaatkan oleh AjaxKolektor empat gelar Liga Champions itu wajib menang untuk menjaga peluang lolosSebaliknya, gagal memetik angka penuh dan Milan menang atas Auxerre, Luis Suarez dkk langsung terlempar dari kompetisi.

Yang jadi masalah, kondisi Ajax sedang bertolak belakang dengan sang calon tamuForm Suarez dkk di Eredivisie sangat burukTerakhir, Sabtu malam lalu mereka ditahan imbang PSV Eindhoven 0-0, yang membuat posisi mereka di klasemen merosot ke peringkat keempat.

Sudah begitu, dalam laga ini pelatih Martin Jol tidak bisa menurunkan striker Urby Emanuelson yang cederaItu memperparah kondisi lini depan yang sudah kacau sejak awalKerjasama antara Suarez dengan Munir El Hamdaoui tidak berjalan mulus dan gagal mempersembahkan kemenangan dalam beberapa laga terakhir.

"Kami tidak bisa kalah dari RealKalau itu terjadi, bukan saja peluang kami yang tertutup, nama besar Ajax juga akan hancur," jelas Demi de Zeeuw, gelandang Ajax, kepada The Times"Kami berada dalam situasi sulit saat ini, tapi kami masih punya potensi untuk menangCatatan masa lalu membuktikan hal itu," tegasnyaSepanjang sejarah pertemuan kedua tim, Real memang tidak pernah menang di Amsterdam ArenA(na)

Perkiraan Pemain

Ajax (4-3-3): 1-Stekelenburg (g), 2-Van der Wiel, 3-Alderweireld, 13-Ooijer, 5-Anita ; 6-Enoh Eyong, 20-De Zeeuw, 10-Siem de Jong ; 16-Suarez, 9-El Hamdaoui, 7-Soulejmani
Pelatih: Martin Jol

Real Madrid (4-2-3-1): 1-Casillas (g); 4-Sergio Ramos, 2-Carvalho, 3-Pepe, 12-Marcelo; 10-Lassana Diarra, 14-Alonso; 22-Di Maria, 23-Ozil, 7-Ronaldo ; 9-Benzema
Pelatih: Jose Mourinho

Head to Head
15/09/10      Real v Ajax        2-0
22/11/95      Real v Ajax        0-2
13/09/95      Ajax v Real        1-0
25/04/73      Real v Ajax        0-1
11/04/73      Ajax v Real        2-1

Di atas kertas
Real Madrid sedang dalam form terbaik, sementara Ajax masih angin-anginanMeski sejarah melawan Ajax di musim-musim sebelumnya cukup buruk, Real punya bekal konfidensi berkat kemenangan 2-0 di leg pertama lalu (15/9).

Bursa Asian Handicap
Ajax v Real Madrid     1/4 : 0

Klasemen Sementara Grup G
1Real Madrid     4     3     1     0     7-2     10
2Milan                 4     1     2     1     5-5       5
3Ajax                   4     1     1     2     4-5       4
4Auxerre             4     1     0     3     3-6       3

Utak-atik Peluang Matchday Kelima

Real Madrid menjadi juara grup jika:
- tidak kalah dari Ajax
- kalah dari Ajax dengan margin satu gol, dan Milan gagal mengalahkan Auxerre

Milan lolos ke 16 besar jika:
- menang atas Auxerre, dan Real mengalahkan Ajax

Ajax tereliminasi dari Liga Champions jika:
- kalah dari Real, dan Milan mengalahkan Auxerre

Auxerre tereliminasi dari Liga Champions jika:
- kalah dari Milan
- draw dengan Milan, dan Real Madrid tidak mengalahkan Ajax

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ferrari Pas Pakai Pirelli


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler