Ajinomoto Berhasil Kurangi Pemakaian Air & Sampah Plastik hingga 35 Persen

Senin, 20 November 2023 – 16:20 WIB
Inisiatif ramah lingkungan dan praktik berkelanjutan yang dilakukan Ajinomoto Indonesia berbuah hasil positif. Foto dok. Ajinomoto Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Inisiatif ramah lingkungan dan praktik berkelanjutan yang dilakukan Ajinomoto Indonesia berbuah hasil positif. Salah satunya adalah berhasil mengurangi penggunaan air hingga 35% di pabrik Ajinomoto Mojokerto, Jawa Timur.

"Kami juga menerapkan kegiatan reduce, reuse, recovery, dan recycle untuk sebagian besar aktivitas pabrik dan mengembangkan inisiasi pemeliharaan lingkungan melalui peningkatan pengelolaan air limbah," kata Direktur Ajinomoto Indonesia Samsul Bakhri dalam keterangan resminya dikutip Senin (20/11).

BACA JUGA: Hipertensi jadi Masalah Terbesar Lansia, Health Provider Ajinomoto Gencarkan Program Ini

Dalam isu sampah plastik yang masih menjadi salah satu permasalahan lingkungan di Indonesia dan dunia hingga saat ini. Perusahaan juga melakukan strategi dengan mengurangi hingga 30% penggunaan material plastik di varian kemasan kertas MSG Ajinomoto, dan juga di Masako. 

"Kami juga menggandeng start-up daur ulang di Indonesia melalui waste station di Pasar Sememi - Surabaya. Fasilitas ini kemudian dihibahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya untuk dikelola dan digunakan oleh masyarakat sekitar," tuturnya.

BACA JUGA: Program MAPAN Ajinomoto Masuk Karawang, Peternak & Kader Posyandu Jadi Target

Dari sisi emisi karbon yang merupakan salah satu penyumbang pencemaran udara yang berdampak buruk pada kesehatan manusia dan lingkungan.

Ajinomoto berpartisipasi menurunkan tingkat emisi karbon di Indonesia dengan target mengurangi 231,32 juta CO2 (emisi karbon) melalui pengurangan konsumsi bahan bakar seluruh transportasi di tempat kerja, memangkas penggunaan tenaga listrik, dan pengadaan biomass boiler. 

BACA JUGA: Bantu Kurangi Stunting, Health Provider Ajinomoto Gencar Mengedukasi Kader Posyandu

"Pengadaan biomass boiler merupakan salah satu langkah untuk mencapai target menghentikan  penggunaan batu bara di tahun 2025, dengan mengurangi emisi gas rumah kaca (Green House Gas (GHG)) di 2030," ujar Presiden Direktur Ajinomoto Indonesia Shinichi Matsumoto.

Hasil samping proses produksi Monosodium Glutamate (MSG) juga dikembangkan Ajinomoto menjadi berbagai produk alternatif, seperti dijadikan tambahan nutrisi untuk pakan ternak (Fermented Mother Liquor/FML) dan pupuk daun (AJIFOL).

Kemudian, penyemprotan pupuk cair AJIFOL dengan menggunakan teknologi drone sebagai salah satu cara efektif dan efisien terhadap penggunaan air, sumber daya manusia, dan penghematan biaya guna mendukung budi daya pertanian berkelanjutan.

"Setelah melalui uji coba, pengaplikasian teknologi drone terbukti sangat efisien dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit per hektar dengan jumlah air berkisar 16 liter per hektare dibandingkan secara manual yang membutuhkan waktu sekitar setengah hingga 1 hari dengan jumlah air sekitar 200 liter per hektar," kata Matsumoto.

Tahun 2023 juga menjadi spesial dengan adanya peluncuran secara resmi program Health Provider yang telah berjalan hampir setahun.

Kegiatan itu digelar di pabrik Ajinomoto Mojokerto dan diikuti oleh berbagai pihak mulai dari jurnalis nasional, asing, pemerintah daerah dan juga perwakilan masyarakat.

"Health Provider adalah slogan perusahaan yang kami ciptakan yang bermakna untuk kesehatan manusia, kesehatan bumi dan kesehatan masyarakat. Kami mendedikasikan produk-produk kami dan semua aktivitas keberlanjutan untuk Indonesia," ungkapnya.

Digagas sejak akhir tahun lalu, Health Provider Ajinomoto menciptakan inisitatif aktif dan partisipatif mendukung pemerintah mengatasi berbagai masalah kesehatan dan dampak lingkungan.

Tak berhenti hanya di lingkungan karyawan, juga mendampingi masyarakat Indonesia di bidang kesehatan, terutama kesehatan keluarga. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler