Akil Merasa tak Pernah Sentuh Ganja

Kamis, 31 Oktober 2013 – 17:26 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif, Akil Mochtar menampik hasil identifikasi Badan Narkotika Nasional (BNN).

Uji laboratorium Deoxyribonucleic Acid Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri menemukan DNA Akil sama dengan lintingan ganja yang ditemukan di ruang kerja Akil, saat Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penggeledahan.

BACA JUGA: Densus 88 Sudah Bekuk 8 Pelaku Penembakan

"Hasil BNN, Pak Akil membantah keras, karena Pak Akil tidak pernah melihat barang itu," kata Pengacara Akil, Tamsil Sjoekoer di KPK, Jakarta, Kamis (31/10).

Tamsil menjelaskan, Akil tetap bertahan bahwa dia tidak pernah melihat ganja yang ditemukan di ruangan kerjanya. "Dia tetap bertahan. Dia bersumpah tidak pernah melihat barang itu," katanya.

BACA JUGA: Anis Matta Dicecar Perihal Kesulitan Dana Luthfi

Seperti diketahui, BNN menyatakan DNA Akil sama dengan lintingan ganja yang ditemukan di ruang kerja Akil. Namun BNN tidak menyimpulkan bahwa Akil positif mengonsumsi narkoba itu.

"Saat ini hasil yang kami terima DNA yang ada di kertas putih narkotika khusunya ganja itu identik dengan DNA Pak AM. Kita tidak menyimpulkan positif menggunakan, tapi profil DNA identik antara DNA yang ada di kertas putih dengan Pak AM,” kata Kepala Sub Direktorat Heroin Direktorat Narkoba BNN Alami Kombes Pol Slamet Pribadi, di Kantor BNN kepada pers, Rabu (30/10).

BACA JUGA: Komjen Sutarman Ingatkan Bahaya Berbisnis Via Online

Artinya, lanjut Slamet, Akil Mochtar pernah bersentuhan dengan barang tersebut. Menurutnya, DNA tidak bisa dilakukan untuk mengetahui seseorang positif atau tidak mengonsumsi narkoba. "Hasil tes DNA beliau pernah bersentuhan dengan barang itu," ujar Slamet. (gil/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perlindungan Korban Kejahatan HAM Belum Maksimal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler