AKPI Dorong Penciptaan SDM Kurator Terbaik bagi Dunia Usaha

Kamis, 15 Desember 2022 – 08:51 WIB
Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) kurator tebaik di dunia usaha. Foto: Dok AKPI

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) kurator tebaik di dunia usaha.

Salah satu upaya AKPI dilakukan lewat Pendidikan Lanjutan bagi para kurator dengan mengangkat tema “Pandangan dari Sisi Ekonomi dan Hukum Kepailitan 2022 dan Prediksi 2023. Acara digelar di JW Marriot Hotel, Kuningan, Jakarta, Selatan, Rabu (14/12).

BACA JUGA: Heru Budi dan KPK Kerja Sama, Cegah Korupsi Dunia Usaha

Ketua Umum AKPI Imran Nating menyatakan program Pendidikan Lanjutan Kurator dilakukan dalam rangka membekali anggota supaya lebih siap memberika kontribusi terbaik pada dunia usaha di Indonesia.

"Sehingga, kurator juga memiliki paradigma dunia usaha dan ekonomi secara lebih baik lagi. Itu artinya AKPI melihat ada urgensi untuk menjaga keseimbangan antara perkembangan ekonomi dan profesi kurator itu sendiri," jelas Imran.

BACA JUGA: Pelabelan BPA Dinilai Akan Menguntungkan Dunia Usaha

Sekjen AKPI Nien Rafles Siregar menegaskan sengaja memilih tema Outlook Ekonomi 2023 dalam konteks Hukum Kepailitan untuk membantu anggota AKPI lebih siap menghadapi 2023 yang akan datang.

"Membicarakan situasi ekonomi 2023 tentu bukan untuk menakut-nakuti tetapi membuka wawasan bersama terkait situasi ekonomi kita perkiraannya akan seperti apa. Hal ini sangat penting bagi para kurator tentunya sehingga mampu menjalankan profesinya lebih profesional lagi," kata Nien.

BACA JUGA: Ketua MPR dan Kapolri Berkolaborasi Cegah Pelanggaran Hukum di Dunia Usaha

Menurutnya, kurator mesti mendengar lebih banyak dari para pelaku usaha dan ekonom terkait kondisi perekonomian Indonesia di masa datang.

"Dengan begitu, kami berharap anggota AKPI menghadapi dan memasuki tahun 2023 nanti dengan lebih profesional lagi, lebih berintegritas sehingga memberikan kontribusi terbaiknya pada bangsa dan negara," tukas Nien.

Direktur Perdata Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham Santun M. Siregar menyampaikan apresiasi pada AKPI yang terus berkomitmen meningkatkan profesionalitas para kurator di Indonesia.

"Pendidikan lanjutan adalah bagian penting untuk memastikan peningkatan kapasitas, kompetensi, integritas dan profesionalisme kurator di Indonesia karena perannya yang sangat vital pada urusan kepailitan dan PKPU. Kurator adalah juga mitra pemerintah yang diharapkan makin meningkat kualitas dan profesionalismenya," ungkap Siregar.

Ketua Panitia Berlian Simbolon menilai progam itu merupakan agenda penting untuk meningkatkan kapasitas serta memperluas wawasan.

"Hal ini tentu saja merupakan bentuk dukungan AKPI mempersiapkan SDM kurator yang makin bagus kualitas dan kapasitasnya untuk mendukung iklim investasi yang sehat dan baik di Indonesia. Kesempatan ini juga adalah wadah sosialisasi yang baik kepada stake holder supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Tentu ini sangat positif," pungkas Berlian. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
SDM   Dunia Usaha   kurator   Kemenkumham   Ekonomi  

Terpopuler