Akrobat Politik Juga Butuh Etika

Senin, 08 Agustus 2011 – 06:46 WIB

JAKARTA - Makin hari wajah politik tanah air bukan makin maju dan bermartabatPoliticing, saling sandera dan bongkar borok makin terbiasa menjadi akrobat politik para elite.

"Kesederhanaan dan kejujuran dalam berpolitik makin jadi barang mewah

BACA JUGA: KPU Tambrauw Putuskan Gabriel Pemenang Pemilukada

Akrobat politik saya lihat sudah tidak lagi mengindahkan norma dan etika," kata Ketua Fraksi PKB Marwan Ja"far kepada INDOPOS (JPNN Group) di Jakarta, Minggu (7/8).

Marwan mencontohkan isu-isu mutakhir seperti soal wacana pembubaran KPK hingga imbas rentetan nyanyian Nazaruddin
Menurutnya, pernyataan-pernyataan politik yang muncul seolah biasa ketika antarelite saling memojokkan satu sama lain secara terbuka

BACA JUGA: Jelang Pilgub Banten, Kader Demokrat Rapatkan Barisan

"Saling sikut saling sodok yang semuanya itu tanpa malu-malu lagi dipertontonkan terbuka ke publik," terangnya.

Kecenderungan politik seperti ini, papar Marwan, jika dibiarkan akan berbahaya
Alasannya elite justru akan menjadikan politik sebagai tujuan dan bukan sebagai alat untuk mewujudkan rakyat Indonesia sejahtera

BACA JUGA: Hatta: Terlalu Dini Bicara Pilpres

"Fenomena ini akan membuat rakyat muak terhadap politik yang pada akhirnya akan memunculkan ketidakpercayaan publik terhadap elite maupun lembaga-lembaga politik," imbuhnya.

Sebagai bagian dari elite politik, Marwan mengimbau kepada semua pihak agar kembali menegakkan etikaSituasi politik bebas tanpa filter menurutnya tidak boleh dibiarkanDan seharusnya semua elite menghentikan semua perilaku politik kontraproduktif yang tidak mendidik rakyat.

"Rakyat sudah sangat merindukan politik yang sederhana dan kesederhanaan dalam berpolitikPolitik yang menjunjung tinggi etika dan moralitas politik, fairness, sportif, serta berorientasi untuk memecahkan masalah rakyat dan bangsa," tuturnya.

Sebuah praktik politik yang dipenuhi dengan aktivitas politik produktif, yang bertujuan mempercepat hadirnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, diingatkan Marwan, adalah tujuan yang sebenarnya dari berpolitikHanya dengan jalan ini proses dan dinamika politik bakal berjalan lebih beradab, produktif, dan lebih bermartabat di mata rakyat.

"Jika elite politik tidak bersedia melakukannya, maka bangsa ini hanya tinggal menunggu saat terjadinya kebangkrutan politik yang kian nyata," tutupnya(did)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amien Rais Sebut Hatta Capres Paling Berpotensi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler