Aksi Gejayan Memanggil Hari Ini Menyoroti Jokowi, Berikut Rute Pergerakan Massa

Senin, 12 Februari 2024 – 10:38 WIB
Sejumlah massa Aliansi Rakyat Bergerak menggelar aksi di pertigaan Gejayan pada Sabtu (16/12). Aksi Gejayan Memanggil digelar hari ini (12/2). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jpnn.com - YOGYAKARTA – Sejumlah elemen masyarakat sipil di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Gejayan, Depok, Sleman, pada Senin siang (12/2).

Aksi yang akan menyoroti kemunduran demokrasi dan etika di Indonesia menjelang Pemilu 2024 ini akan diikuti massa yang tergabung dalam Jaringan Gugat Demokrasi (JAGAD).

BACA JUGA: Hasto PDIP Ungkap Rencana Operasi Kecurangan di Hari Pencoblosan, Sebut Jam Rawan

JAGAD terdiri dari beberapa lembaga dan aktivis di Jogja yang berhimpun dalam Forum Cik Di Tiro, Aliansi Rakyat Bergerak, dan Gejayan Memanggil.

Aksi massa dari Gejayan Memanggil dan sejumlah elemen masyarakat Jogja lainnya ini direncanakan dimulai pada pukul 13.00 WIB di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Jalan Cik Di Tiro.

BACA JUGA: Warga Membakar Kantor Distrik Bukan Semata karena TPS Dipindahkan, Oh Ternyata

Dikutip dari JPNN Jogja, massa aksi selanjutnya akan menggelar doa bersama di depan kantor PP Muhammadiyah.

Selanjutnya, massa akan berjalan menuju bundaran UGM dan berakhir di Jalan Gejayan.

BACA JUGA: Ferdinand Hutahaean Mengingatkan soal Karakter Prabowo, Jokowi Hanya akan Jadi Masa Lalu

Aksi hari ini akan kembali menyoroti perilaku Presiden Jokowi yang dianggap telah mempraktikkan politik dinasti, terkait pencalonan Gibran Rakbuming Raka sebagai cawapres yang ditempuh dengan cara-cara yang tidak etis.

Presiden Jokowi Momong 2 Cucu

Sementara itu, Presiden Jokowi membagikan video momen mengasuh atau momong dua orang cucunya dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah di media sosial, Minggu (11/2).

Dalam unggahan di media sosial Instagram @jokowi, yang dipantau di Jakarta, Minggu, Jokowi tampak mengajak Jan Ethes dan Lembah Manah bermain di playground atau tempat bermain, di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Sabtu (10/2) malam.

"Menikmati akhir pekan dengan menemani cucu-cucu bermain di mall Jakarta, Sabtu 10 Februari 2024," tulis Jokowi dalam deskripsi unggahan videonya di Instagram.

Jan Ethes dan Lembah Manah tampak penuh tawa dan bahagia bermain di playground. Keduanya bermain perosotan, bom-bom car, trampolin hingga mandi bola.

Jokowi mengenakan kaus dan celana hitam, tampak ikut masuk ke area tempat bermain, salah satunya area mandi bola, saat mengasuh Jan Ethes dan La Lembah Manah.

Selain mengajak Ethes dan Lembah Manah bermain di playground, Jokowi disebut membelikan sejumlah mainan kepada dua orang cucunya itu.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi pada Sabtu malam terpantau wartawan datang bersama dua cucunya tersebut di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, tempat Gibran dan Selvi menginap.

Saat ditanya soal kehadirannya di Hotel Fairmont oleh wartawan, Jokowi mengaku baru saja mengasuh Jan Ethes dan La Lembah Manah, dan bermaksud mengantar cucunya itu kepada kedua orang tuanya.

"Ya, seharian saya momong cucu, malamnya saya anterin ke yang punya anak," ucap Jokowi. (mar3/antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler