Seorang nelayan bernama Justin Small baru saja kembali dari liburan menyelam di Kepulauan Abrolhos, lepas pantai Australia Barat, ketika ia melihat keributan di dermaga terdekat.

Berjalan menuju keributan itu, ia menemukan hiu macan besar terperangkap di beberapa tali karang yang sudah tua

BACA JUGA: Pengguna Aplikasi Perbankan Android Jadi Target Kejahatan Internet Canggih

. Hiu itu tampaknya hanya mampu bergerak sangat terbatas, sehingga Justin dan temannya, Jason Eastough, cepat membantunya.

Mengenakan kamera Go Pro di kepalanya, Justin merekam insiden itu dalam sebuah video, yang sejak diunggah -telah dilihat ribuan kali di Facebook.

BACA JUGA: Seorang Sarjana Komputer Australia Masuk Daftar Relawan Pembom Bunuh Diri ISIS

"Kami memperkirakan ia memiliki panjang sekitar 9-10 kaki panjang. Sesampainya kami di lokasi hiu, ia terlihat cukup kelelahan,” tutur Justin.

Ia menambahkan, "Kami tahu bahwa kami harus melepaskannya cukup cepat, itu dilakukan dalam cara yang sangat buruk, jadi kami lihat talinya di dalam air dan mulai mengurainya dan ... melepaskan sang hiu."

BACA JUGA: Produksi Pangan Global Bisa Perburuk Upaya Penanganan Perubahan Iklim

Bangga menyelamatkan hiu macan Justin mengatakan, hiu itu cukup jinak, dan tindakan yang cepat diperlukan untuk memastikan ia bergerak membiarkan air masuk melalui insang.

"Ia cukup tertekan, kami tak terlalu yakin berapa lama ia sudah berada dalam kekacauan itu, jadi kami tahu ia cukup lelah," jelasnya.

"Ia telah menggunakan semua energinya dan kami harus mengalirkan air melalui insangnya dengan cukup cepat," sambungnya.

Justin akhirnya mengarahkan sang hiu itu jauh dari dermaga berkarang dan kembali ke perairan yang lebih dalam.

"Pengalaman yang benar-benar baik memastikan hiu itu kembali sehat. Mampu melepaskan hiu macan besar seperti ini ketika ia tak menimbulkan ancaman bagi siapa pun, itu cukup istimewa, dan saya merasa cukup bangga menjadi bagian dari itu," tuturnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setelah Mengambang 2 Tahun di Laut, Penulis Pesan dalam Botol Ditemukan

Berita Terkait