Aktivis Curigai Pemprov Jatim Mau Bikin Surabaya Seperti Wuhan

Sabtu, 30 Mei 2020 – 09:17 WIB
Ilustrasi COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Kalangan aktivis di Surabaya mulai gerah dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan mencurigai adanya pengalihan penggunaan mobil laboratorium tes PCR dari Kota Pahlawan itu ke daerah lainnya.

Konon kesepakatannya ialah Surabaya mendapat jadwal untuk penggunaan mobil laboratorium yang sangat berguna untuk mempercepat dan memperluas pengetesan Covid-19 tersebut.

BACA JUGA: BIN Gelar Rapid Test di Surabaya, Hasilnya 230 Orang Reaktif

”Ini sering banget sepertinya Pemprov Jatim, ya dalam tanda kutip mengerjai Surabaya. Ada apa sih sebenarnya? Surabaya sering dipojokkan begitu oleh para pejabat Pemprov Jatim. Ini Pemprov Jatim mau mikir penanganan Covid-19 atau mau mikir pengin seolah-olah sok jago?” kecam salah seorang aktivis di Surabaya, Kusnan, Jumat (29/5).

Kusnan menyesalkan perencanaan yang sudah matang berdasarkan hasil koordinasi Gugus Tugas Kota Surabaya, Gugus Tugas Jatim, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana tiba-tiba berubah karena Gugus Tugas Jatim mengalihkan penggunaan mobil tes PCR.

BACA JUGA: PCR dan Rapid Test Masih Dibutuhkan dalam Penanganan Wabah Corona

”Ini rakyat Surabaya seperti kena 'prank'. Sudah disusun jadwal, Gugus Tugas Jatim sudah menjanjikan, hari sekian jam sekian mengetes warga Surabaya, sudah janjian istilahnya. Apalagi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah kontak Kepala BNPB," ujar Kusnan.

"Namun, mobil laboratorium kemudian dialihkan. Itu Pemkot Surabaya sampai dua kali membubarkan pasien di hotel tempat mengarantina pasien positif,” imbuhnya.

BACA JUGA: Update Corona 29 Mei 2020: Ada Kabar Gembira dari Jawa Timur, Semoga Berlanjut

Dari sejumlah sumber menyebutkan, dua mobil laboratorium bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diperbantukan untuk Kota Surabaya, ternyata dialihkan ke daerah lain oleh Gugus Tugas Jatim.

Awalnya, mobil laboratorium itu akan digunakan untuk pasien yang menjalani karantina di Hotel Asrama Haji dan Dupak Masigit.

Pemkot Surabaya sudah mengatur penempatan dua mobil itu selama lima hari ke depan untuk mempercepat dan memperluas pengetesan swab bagi warga.

Para pasien pun telah bersiap, mereka menunggu berjam-jam, ternyata mobil dengan kapasitas pengetesan ribuan spesimen per hari itu tak kunjung datang karena dipindahkan ke Tulungagung dan Lamongan.

Kusnan juga mengimbau para pejabat puncak Pemprov Jatim untuk tidak punya agenda tersembunyi di balik penanganan Covid-19 dengan terus memojokkan Kota Surabaya.

"Ini Surabaya seperti sengaja di-Wuhan-kan. Tega sekali,” ujarnya.

Kusnan mengatakan, sebelumnya Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim dr Joni Wahyudi menyebut Kota Surabaya bisa menjadi “Wuhan baru”.

“Nah, kalau tahu posisi Surabaya sebagai episentrum utama Jatim, kenapa tidak jadi prioritas? Kok malah mobil tes PCR dipindah?” kata Kusnan.

Dia menyinggung kabar yang santer beberapa hari ini, di mana Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa disebut oleh sejumlah pengamat sebagai salah seorang kandidat yang bisa maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang.

Agenda politik itu sebaiknya disingkirkan dulu. Khofifah diimbau fokus dan adil dalam penanganan Covid-19 di Jatim.

”Ya kami tahu, Wali Kota Surabaya jadi satu-satunya wali kota yang diperbincangkan layak maju Pilpres. Kalau kandidat lain semua gubernur. Jadi Bu Bos, Pilpres 2024 masih jauh, jadi lebih baik fokus dan adil tangani Covid-19 di Jatim, jangan Surabaya dipojokkan terus,” pungkas Kusnan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Surabaya   Wuhan   Covid-19   Corona  

Terpopuler