BIN Gelar Rapid Test di Surabaya, Hasilnya 230 Orang Reaktif

Jumat, 29 Mei 2020 – 22:26 WIB
Kegiatan rapid test massal BIN di Surabaya. Foto: dok Humas BIN.

jpnn.com, SURABAYA - Badan Intelijen Negara (BIN) kembali menggelar rapid test massal untuk mendeteksi penyebaran COVID-19. Kali ini kegiatan digelar di Gedung Siola, Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/5).

Salah satu dokter dari BIN, Wulan mengatakan, total warga yang mengikuti rapid test massal kali ini berjumlah 615 orang.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Rizal Ramli dan Rocky Gerung Angkat Suara, 10 Fakta New Normal, Isu Reshuffle Kabinet

“Hari ini warga yang sudah mengikuti rapid test 615 orang mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00," kata Wulan kepada wartawan pada Jumat (29/5).

Wulan menerangkan, dari 615 orang itu diketahui ada 230 orang yang reaktif setelah mengikuti rapid test.

BACA JUGA: Bantu Percepatan Penanganan COVID-19, BIN Serahkan Alat PCR ke RSUP Persahabatan

"Yang reaktif (positif) 230. Itu nanti dilanjutkan swab test atau PCR test pakai mobil laboratorium,” sambung Wulan.

Diketahui, rapid test massal ini adalah arahan dari Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan yang diwakili oleh Sesma BIN Komjen Bambang Sunarwibowo.

BACA JUGA: Jajaran Tim dari BIN Kini Sasar Stasiun Bekasi

Bambang pun sempat meninjau lokasi rapid test massal bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Rencananya, rapid test massal ini akan digelar lagi di sejumlah titik di Surabaya.

Kegiatan rapid test massal ini didukung tenaga medis, analisis laboratorium, dan tenaga pedukung sebanyak 40 orang yang diberangkatkan langsung dari Jakarta dan dibantu 20 anggota Binda Jatim.

Satgas lawan COVID-19 BIN membawa langsung mobil laboratorium COVID-19, ambulans dan peralatan pendukung lainnya untuk dioperasikan selama empat hari di kota Surabaya dan sekitarnya.

Mobil laboratorium ini, merupakan satu dari lima mobil laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2) yang bersertifikat internasional pertama di Indonesia.

Dalam kegiatan ini, BIN menyiapkan 3.000 kit rapid test beserta satu mobil lab untuk test PCR atau swab test di satu lokasi.

Swab test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif (positif) Covid-19. Mobile lab dari BIN ini dapat mengambil 300 sampel per harinya. Adapun hasil swab test bisa diketahui hanya dalam 2,5 jam. (cuy/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler