Alasan David Maulana Pilih Barito Putera Ketimbang Persija

Jumat, 28 Desember 2018 – 21:11 WIB
David Maulana saat memegang trofi AFF U-16. Foto: pojoksatu

jpnn.com, MEDAN - Kapten Timnas Indonesia U-16 David Maulana resmi berlabuh ke klub Liga 1 asal Banjarmasin, Barito Putera.

Keputusan pemain asal Tembung, Medan, Sumut, ini berlabuh ke Barito Putera memang cukup mengejutkan.

BACA JUGA: Kapten Timnas Indonesia U-16 Resmi Berlabuh ke Barito Putera

Pasalnya, Bembeng sapaan David Maulana, sempat dikabarkan akan memperkuat beberapa klub di Pulau Jawa, seperti Arema yang lama telah menyatakan tertarik.

Selain itu juga ada PSMS Medan, yang sempat diperkuatnya pada Liga 1 U-16 Tahunn 2018.

Ngadiran Prasetyo, Ayah Kandung, David Maulana mengakui Barito adalah satu-satunya klub yang serius menyatakan berminat ke putranya tersebut dengan aksi nyata.

BACA JUGA: Semoga Evan Dimas Membawa Berkah Bagi Barito Putera

Dia menceritakan manajemen Barito bahkan sudah meminta David begitu Timnas U-16 baru saja menjuarai AFF U-16, Oktober 2018.

“Setelah pulang dari timnas, Barito minta sama saya. Saya bilang enggak bisa sekarang saat itu, karena Bembeng (sapaan akrab David) mau ujian. Saya enggak mau anak saya enggak tamat sekolah, dan hanya main bola saja,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (28/12) siang.

BACA JUGA: Matias Conti Tetap Berkostum Borneo FC Musim Depan

Komunikasi terus berlanjut antar kedua belah pihak, meski Barito fokus ke Liga 1 dan David Maulana memperkuat PSSA Asahan lalu PSMS U-16.

Begitu PSMS langkahnya terhenti di 8 Besar, Ngadiran meminta kejelasan bagamaimana nasib putranya.

“Memang di PSMS U-16 enggak teken kontrak, dua bulan saja dia diminta bela PSMS U-16. Saat ditanya ke depannya, manajemen bilang istirahat dulu nanti dikabari, sementara banyak yang nanyain dan mau Bembeng. Saya yang bingung,” ungkapnya.

Pria 52 tahun ini pun kembali ditelepon langsung oleh pihak Barito. Meminta dirinya dan Bembeng datang dan teken kontrak, Selasa (25/12/2018) ke Banjarmasin.

“Sekarang setelah ke Barito resmi, semua pada teleponin saya. Mereka (klub-klub yang mau) heran kenapa enggak ada konfirmasi. Mereka kira, Bembeng di kampung (Tembung) tenang-tenang saja, jadi enggak dihubungi. Ada Persebaya, Persija, Persib yang telepon,” bebernya.

Diapun mengurai mengapa akhirnya sepakat memilih Barito dibanding klub-klub lain. “Mereka yang mau itu wacana tapi enggak ada aksi langsung telepon seperti Barito yang jelas mengutarakan keinginan. Selain itu yang saya pelajari, memang Barito yang paling siap, dan benar-benar serius sama Bembeng,” tegasnya.

Di Barito, David Maulana dikontrak hingga 2020. Di sana dia mendapatkan fasilitas pendidikan. “Fasilitas kuliah ditanggung, dan per bulan ada uang gajinya,” jelasnya.

Dia dan istrinya Tukini (48) pun rela harus berpisah jauh kelak dengan putra kebanggaannya tersebut. “Rela demi anak, walau iya saya akui ke Barito agak berat sama kami, jauh. Tapi demi kemajuan anak, karir, dan pendidikan, kami doakan yang terbaik buat Bembeng,” ucapnya.

“Namanya orang tua mau dekat sama anak. Saya mau yang dekat kalau klub manajemennya bagus. Saya amati PSMS manajemennya enggak bagus,” timpalnya.

Bembeng yang merupakan didikan SSB PTP Wilayah I Sumut tersebut belum langsung memperkuat Barito.

Pasalnya, harus menjalani diklat ke Inggris bersama skuad timnas Indonesia juara AFC U-16 kemarin. “Jadi seandainya di tengah perjalanan ada yang minta Bembeng misalnya di Inggris. Mereka akan negosiasi sama Barito. Karena David sudah milik Barito saat ini,” pungkasnya. (nin)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bakal Merapat ke Borneo FC, Bayu Gatra: Doakan yang Terbaik


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler