Alonso Bos Baru Euskadi

Beli Lisensi ProTour Jelang Deadline UCI

Selasa, 03 September 2013 – 08:00 WIB

jpnn.com - MADRID - Fernando Alonso banyak digosipkan akan meninggalkan Ferrari akhir musim ini. Pembahasan soal masa depan juara dunia dua kali itu kian menarik karena akhir pekan ini Formula 1 akan dihelat di Italia, kandang Ferrari.

 

Namun, bukannya memberikan komentar masa depannya di Ferrari, Alonso malah memberikan kepastian soal lain yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan F1. Alonso akan membeli tim balap sepeda UCI ProTour!

BACA JUGA: Arsenal Ingin Pinjam Demba Ba dari Chelsea

Dalam situs pribadi Alonso, disebutkan negosiasi dengan Basque Pro Cycling Team (BCPT) hampir selesai. BCPT adalah perusahaan pemilik lisensi Euskaltel Euskadi, tim balap ProTour, yang akan diakuisisi Alonso.

BACA JUGA: Bale Dibayar Rp 34 Juta Per Jam

Sejak beberapa pekan lalu, Euskadi mengumumkan tengah mangalami kesulitan finansial. Euskaltel, perusahaan telekomunikasi asal Basque yang merupakan basis Euskadi, mundur.

Mereka pun terancam hilang dari orbital balap sepeda pro jika tidak segera mendapatkan sumber pendanaan untuk memperpanjang linsensi ke UCI yang deadline-nya adalah kemarin (2/9). Di saat kritis seperti itu, Alonso datang menjadi juru selamat bagi Euskadi.

BACA JUGA: Borini Hijrah ke Sunderland

"Euskaltel dan Fernando Alonso sudah menjalin kesepakatan awal untuk menjamin kelangsungan satu tim balap sepeda baru," demikian bunyi pernyataan resmi Euskaltel Euskadi.

"Dalam beberapa hari ke depan, negosiasi akuisisi kepemilikan Euskaltel Euskadi oleh Fernando Alonso akan difinalisasi. Itu tentu saja berita bagus untuk balap sepeda, sosok hebat seperti Alonso membawa nafas baru untuk salah satu tim balap sepeda tertua di peloton," lanjut pernyataan tersebut.

Sebelum munculnya konfirmasi resmi dari Euskadi, Minggu lalu Alonso sempat memberikan sedikit bocoran di akun twitter-nya. "Saya akan memberikan berita besar dalam beberapa hari ke depan, tunggu saja," demikian twit Alonso.

Dalam situs pribadi Alonso, kemarin disebutkan bahwa negosiasi dengan Euskadi belum final. Namun, sudah sangat dekat dengan kata sepakat.

"Antusiasme, keseriusan, pengorbanan, evolusi, dan transparansi adalah semangat yang akan menjadi pondasi tim," demikian bunyi pernyataan di situs Alonso.

Belum dijelaskan kebijakan seperti apa yang akan diterapkan Alonso di Euskadi. Apakah akan tetap menggunakan warna oranye sebagai warna tim. Atau berubah biru muda yang merupakan warna identitas Asturias, provinsi otonom yang merupakan asal Alonso. Pun demikian soal nama, tetap memakai nama Euskadi atau nama lain.      

Satu hal yang bakal dilanjutkan Alonso adalah tim baru Euskadi nanti akan tetap mengandalkan Samuel Sanchez. Peraih emas road race Olimpiade Beijing 2008 itu musim ini juga menjadi leader di Euskadi.

Balap sepeda adalah olahraga populer di Spanyol. Itu sebabnya mereka adalah salah satu di antara tiga negara yang punya event paling bergengsi, grand tour, Vuelta a Espana. Dua negara lain adalah Italia (Giro d"Italia) dan Prancis (Tour de France). Meski belum pernah merebut gelar juara grand tour sejak kali pertama terbentuk pada 1994, Euskadi hampir selalu bisa merebut kemenangan etape di setiap grand tour yang mereka ikuti.

Tidak hanya punya event sebesar Vuelta, Spanyol juga punya banyak pembalap sepeda hebat. Sebut saja Alberto Contador yang merebut beberapa gelar Tour de France maupun Vuelta. Spanyol juga memiliki dua tim WorldTour, Euskadi dan Movistar. Dengan pertolongan Alonso, bisa dipastikan Spanyol akan memiliki dua wakil di level teratas itu untuk musim depan. (ang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Victor Moses Dipinjam Liverpool


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler