Amerika Insaf, Saatnya Muslim Bersatu Melawan Islamofobia

Minggu, 19 Juni 2022 – 06:26 WIB
Direktur Sabang Merauke Circle Syahganda Nainggolan. Foto: Dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Sabang Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan meyambut baik menguatnya penolakan terhadap Islamofobia di berbagai penjuru dunia.

Dia berharap kelompok-kelompok Islam di Tanah Air memanfaatkan momentum ini sambil terus memastikan persatuan umat tetap terjaga.

BACA JUGA: HNW Dorong PBB Realisasikan Hari Melawan Islamofobia

"Gerakan-gerakan ini yang kini dimotori ormas Islam, khususnya Muhammadiyah, harus terus berjuang bagi terciptanya keutuhan umat," kata Syahganda di Jakarta, Sabtu (18/6).

Syahganda mengatakan bahwa Amerika Serikat yang tadinya memusuhi Islam lewat kampanye antiradikalisme dan ekstremisme, kini justru jadi yang terdepan dalam memerangi Islamofobia.

BACA JUGA: Jadi Ketum Baru PA 212, Abdul Qohar Al Qudsi Tegaskan Peduli Isu Islamofobia

Perubahan drastis ini, lanjut dia, layak disyukuri dan harus dimanfaatkan oleh seluruh umat Islam.

"Melalui kepemimpinan Amerika dari kubu Demokrat, tentu saja peluang bagi umat Islam dalam mendudukkan Islam sebagai ajaran mainstream yang sejajar dengan ajaran kapitalisme dan termasuk sosialisasi demokrasi di berbagai negara maju, maka peluang ini pun harus ditangkap untuk mendukung gerakan anti-Islamophobia yang kita harapkan," ujar aktivis yang pernah ditahan oleh rezim Soeharto dan Jokowi ini.

BACA JUGA: PPP Minta Penyidikan Khilafatul Muslimin Tidak Timbulkan Kesan Islamofobia

Syahganda juga meminta jajaran ormas Islam mengkaji pemikiran Ilhan Omar, anggota DPR AS dari Partai Demokrat, yang sangat kritis terhadap kebijakan anti-Islam Amerika Serikat pascaserangan teror 9/11 pada 2001 silam.

Menurut dia, politikus perempuan itu berhasil melawan narasi terkait terorisme yang menyudutkan Islam.

"Muhammadiyah sebagai ormas yang banyak cendikiawannya harus mampu mengkaji cara Ilhan Omar membalikkan diksi terorisme di Amerika, sebagaimana Ilham Omar mengatakan bahwa pemboman 9/11 dilakukan oleh segelintir orang serta bukan dilakukan oleh Islam," tegas Syahganda. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler