Amien Rais Seperti Pisau Bermata Dua Bagi Agus-Sylvi

Minggu, 16 Oktober 2016 – 12:32 WIB
Amien Rais. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais ikut serta dalam aksi demonstrasi besar-besaran mengecam Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok, Jumat (14/10) lalu. 

Pria 72 tahun itu bahkan berorasi di atas mobil komando menuntut polisi memproses dugaan penistaan agama yang dilakukan sang gubernur.

BACA JUGA: Duh Empok Sylvi, Ini Sindiran Buat Pak Ahok Lagi Ya?

Kehadiran Amien dalam aksi yang digelar oleh gabungan ormas Islam itu dinilai bakal berdampak pada citra pasangan calon yang diusung PAN pada Pilkada DKI 2017, Agus Harimurti-Sylviana Murni. Bak pisau bermata dua, dampak yang ditimbulkan bisa positif atau negatif.

‎"Amien Rais bisa untuk mendongkrak atau menggerus suara Agus, tergantung siapa objeknya dan siapa targetnya," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago kepada redaksi RMOL.co, Minggu (16/10).

BACA JUGA: Koalisi Gemuk Mulai Retak, Gerindra Umbar Keluhan Soal WH-Andika

Menurut dia pemilih yang tidak suka dengan sosok Amien Rais pasti bakal antipati kepada Agus-Sylvi. Begitupun dengan pemilih yang anti kepada ormas Islam pelaku aksi dan pesan yang mereka sampaikan.

Tapi, lanjutnya, umat muslim yang merasa tersinggung dengan pernyataan Ahok soal surah Almaidah ayat 51 bakal menilai positif keterlibatan mantan ketua MPR RI itu. Otomatis penilaian tersebut berdampak positif terhadap elektabilitas Agus.

BACA JUGA: Selain Beri Sambutan Hangat, Warga Komit Menangkan Idola

"Kalau Amien Rais dipandang sebagai representasi suara mayoritas atau sosok yang mewakili mayoritas Islam saya kira berdampak positif," sambung Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini. (rmol/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nurdin Halid Ancam Sanksi Pembangkang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler