Di Queensland, helm harus wajib dikenakan jika anda mengendarai ATV (All Terrain Vehicle) atau motor segala medan atau motor beroda 4, dan anak-anak dilarang mengendarai motor berukuran dewasa ini. 

Seorang penyidik asal Queensland, John Lock. telah mengamati kematian 9 warga Queensland berusia 9-86 tahun yang meninggal dalam kecelakaan ATV, antara bulan Maret 2012-Januari 2014.

BACA JUGA: Dicuri dan Dilepaskan di Hutan, Echidna ini Berhasil Ditemukan lagi

Dalam menyampaikan temuannya, John mengatakan, penelitian terbaru menunjukkan, anak-anak 12 kali lebih mungkin menderita luka serius dalam kecelakaan ATV daripada orang dewasa.


Penyidik John Lock telah mengamati kematian 9 warga Queensland. (Foto: 7pm TV News NT)

BACA JUGA: Dokter Australia Terbitkan Pedoman Operasi Plastik Vagina Pertama di Dunia

John mengatakan, jelas tak pantas bagi anak-anak di bawah 6 tahun untuk mengendarai ATV jenis apapun, dan anak-anak di bawah usia 16 tahun seharusnya tak naik motor berukuran dewasa ini.

Dalam sebuah pengadilan terungkap, di sebagian wilayah Amerika Serikat, aturan yang melarang anak-anak untuk mengendarai ATV selama 10 tahun terakhir- secara signifikan –telah mengurangi jumlah kematian.

BACA JUGA: Akibat Keluhan Tetangga, Peternakan Wagyu di Australia Ini Terancam Ditutup

"Mengingat jumlah kematian yang masih terjadi [di Queensland] kami harus mempertanyakan apakah sudah waktunya ada hukum yang wajib mengatur hal ini," kata John.

Ia juga menyerukan agar penggunaan helm kala mengendarai ATV dibuat wajib di Queensland.

Dalam pengadilan terungkap, cedera kepala menyumbang sepertiga dari kematian akibat ATV dan 84% dari kematian akibat tak menggunakan helm.

John mengatakan, meskipun cedera kepala adalah penyebab medis paling umum dari kematian akibat ATV, saat ini, belum ada kewajiban untuk pemakaian helm di Queensland.

Ia mengakui, mungkin saja ada kesulitan dalam menegakkan aturan baru di wilayah pedesaan, dan kewajiban mungkin tak akan populer.

Namun ia menyebut, perubahan akan memberikan insentif untuk memperbaiki perilaku.

Dalam persidangan terungkap, lembaga ‘Safe Work Australia’ harus memulai proses pengenalan standar Australia untuk pemakaian helm saat mengendarai motor ATV.

Setelah ada standar, Pemerintah Negara Bagian harus memandatkan penggunaannya.

Dibutuhkan pelatihan terstandarisasi

"Jika saya diminta untuk menetapkan prioritas, hal itu adalah mewajibkan penggunaan helm dan membatasi anak di bawah usia 16 tahun untuk mengendarai motor ATV," kemuka John.

Ia menyambung, "Jelas tak pantas bagi anak di bawah usia enam tahun untuk mengendarai semua jenis ATV."

Selanjutnya, anak-anak di bawah usia tujuh tahun tak seharusnya dibonceng sebagai penumpang ATV.

"Queensland harus memiliki undang-undang wajib untuk mencegah adanya penumpang di motor ATV, kecuali dirancang secara khusus untuk penggunaannya," ujar John.

Ia merekomendasikan kelompok industri yang bekerja dengan ‘Safe Work Australia’ untuk mengembangkan paket pelatihan nasional terakreditasi.

Ia mengatakan, Pemerintah Queensland harus membuat pelatihan wajib.

"Ini pandangan saya setelah mendengar semua bukti, bahwa sudah waktunya untuk mengambil langkah ke depan untuk memastikan bahwa mereka yang menggunakan motor yang berguna di peternakan ini, menerima pelatihan," sebutnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Queensland Kembangkan Arsip Digital yang Bisa Diakses 1 Abad ke Depan

Berita Terkait