Anak Buah SBY Minta Pemerintah Sigap Antisipasi Bencana

Selasa, 16 Desember 2014 – 13:01 WIB
Ketua Divisi Tanggap Darurat PD DPP Partai Demokrat, Umar Arysal saat memimpin tim Rajawali Siaga Bencana memberikan bantuan air bersih kepada warga. Foto: dokumentasi pribadi Umar Arysal for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Umar Arsal meminta pemerinta lebih siap menghadapi berbagai bencana yang mungkin terjadi di berbagai daerah saat memasuki musim penghujan. Menurutnya, kesiapan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla semestinya tidak hanya hanya pada banjir dan tanah longsor, tetapi juga tanggap terhadap potensi bencana lainnya.

"Pemerintah harus segera mengantisipasi serta mengintruksikan Basarnas untuk selalu waspada bilamana sewaktu-waktu musibah terjadi," kata Umar kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/12).

BACA JUGA: KPK Periksa Presiden Direktur PT Pertamina EP

Anggota Komisi V DPR ini berharap musibah seperti tanah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, yang sudah menyebabkan puluhan korban jiwa sebisa mungkin diminalisir.  Karena itu, pihaknya meminta Kementerian Pekerjaan Umum segera memperbaiki daerah-daerah yang dianggap rawan longsor akibat hujan.

"Sebelum hujan melanda besar, baiknya segala sesuatu diantisipas seperti perbaikan kali, jalan, tebing," pinta Ketua Divisi Tanggap Darurat PD DPP PD itu.

BACA JUGA: Jaksa Agung Bantah Tarik Jaksa di KPK

Pasca-bencana tanah longsor di Banjarnegara, Umar mengaku sudah menerjunkan tim Rajawali Siaga Bencana (Ragana) yang berada di bawah koordinasi Divisi Tanggap Darurat DPP Partai Demokrat. Selain membantu penanganan korban, Ragana juga menyiapkan tenaga medis dan dapur umum.

"DPP Partai Demokrat sudah intruksikan relawan siap siaga, baik dari penanganan para korban, sampai antisipasi untuk pengungsian korban yakni dapur umum, dokter. Dan kita juga sudah menempatkan dua tengki air bersih dan dokter dilokasi bencana," kata anak buah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di PD itu.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Bamsoet: Menkum HAM Bermain Api

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kader Muda Golkar Bisa Paksa Ical dan Agung Cs Akhiri Konflik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler