Anak Siami Bukan Peraih Nilai UN Terbaik

Senin, 20 Juni 2011 – 00:25 WIB

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengungkapkan nilai Alif, anak Siami sang pengungkap contekan massal di SDN Gadel 2, Surabaya, Jawa Timur bukanlah murid yang memperoleh nilai ujian nasional (UN) terbaik di sekolahnyaHal ini dibuktikan dengan adanya data yang diperoleh dari hasil penyelidikan contek massal di sekolah tersebut yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdiknas.

"Dari hasil perolehan nilai UN yang saya terima, ternyata nilai UN di sekolah tersebut cukup bervariasi

BACA JUGA: Perubahan Kurikulum Akibat Faktor Kebutuhan

Untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia , nilai UN yang diperoleh siswa ada yang mendapat nilai 3 dan ada juga yang mendapat nilai 9
Namun, anak Siami juga bukanlah salah satu peraih nilai terbaik di dalam mata pelajaran tersebut di sekolahnya," ungkap Nuh kepada JPNN di Jakarta, Minggu (19/6).

Menurutnya, jika benar terjadi contek massal di sekolah tersebut pastinya nilai yang diperoleh siswa dalam pelaksanaan UN akan sama antara satu dengan yang lainnya

BACA JUGA: Korupsi Marak Bukti Kegagalan Sistem Pendidikan

"Kalau memang benar mencontek, pastinya nilainya sama
Tapi ini buktinya tidak

BACA JUGA: Mendiknas Berbelit-belit

Ada yang dapat 3, dapat 5,  dapat 6, dan ada juga yang dapat 9Berbeda-bedaMasa kalau nyontek nilainya beda-beda, kan harusnya jawabannya sama?," kilah Nuh.

Dari hasil investigasi dan data yang diperoleh Kemdiknas tersebut, mantan Menkominfo ini mengakui semakin yakin bahwa tudingan masyarakat mengenai terjadinya contek massal di sekolah SDN 2 Gadel, Surabaya, Jawa Timur itu tidak benar adanya"Maka dari itu, karena tidak terbuktiMaka ditegaskan kembali, tidak akan ada ujian ulang," tegasnya.

Adapun dengan hasil kunjungannya ke sekolah SDN Gadel 2 tersebut pada Sabtu (18/6), Nuh menyampaikan agar masalah kasus contek massal ini harus bisa diselesaikan dengan cara yang bijaksanaBahkan, masalah ini nantinya juga akan menjadi bahan evaluasi pendidikan bagi Kemdiknas.

Untuk diketahui, pada saat kunjungan ke SDN Gadel 2 tersebut, Mendiknas juga turut didampingi oleh sejumlah pejabat Provinsi Jawa Timur dan SurabayaDiantaranya adalah Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Rektor Unesa Mukhlas Samani serta anggota DPRD Surabaya(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komitmen M Nuh Mulai Dipertanyakan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler