Anda Diet? Ini Lima Makanan Agar Tetap Fit dan Bugar

Jumat, 18 September 2015 – 06:30 WIB
Ilustrasi. Foto: Dok. JPNN.com.

jpnn.com - KEBANYAKAN orang yang sedang atau ingin diet ingin tahu apa yang harus mereka makan agar tetap fit dan sehat. Ini dia jawabannya, sebagaimana dilansir dari laman India Times, Rabu (16/9).

1. Sayuran

BACA JUGA: Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Bikram Yoga

Sayuran merupakan sumber yang kaya nutrisi seperti kalium, serat, asam folat dan vitamin A, E dan C. Yang membantu menjaga kolesterol darah, tekanan darah dan pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh kita. Untuk jangka panjang, sayuran mencegah stroke, kanker, penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

2. Protein

BACA JUGA: Wanita yang Mengalami Gangguan Makan Harus Baca Ini

Protein memainkan peran yang sangat penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan. Selain itu, protein juga diperlukan untuk pembentukan enzim, hormon, tulang, otot, tulang rawan, kulit dan darah. Protein ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan polongan seperti kubis, makanan laut, daging, unggas dan produk kedelai.

3. Biji-bijian

BACA JUGA: Cara Hebat Menurunkan Berat Badan

Biji-bijian merupakan sumber yang tinggi serat, vitamin B, asam folat dan mineral seperti besi dan magnesium untuk tubuh kita. Ia juga berkhasiat mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis. 

4. Buah-buahan

Bukan jus buah. Karena jus tinggi kadar gula. Buah-buahan umumnya kaya vitamin C, A dan mineral. Ia sumber potasium yang baik, serat dan asam folat. Rutin mengonsumsi buah dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Dan kalium yang terkandung dalam buah bisa mengurangi risiko batu ginjal. 

5. Susu 

Susu kaya akan kalsium, magnesium, fosfor, protein, vitamin A, B12, C, seng, asam folat, riboflavin dan yodium. Susu diperlukan untuk kesehatan tulang, gigi, perbaikan fungsi otot, produksi energi, pandangan mata yang lebih baik dan sistem kekebalan tubuh. Susu memproduksi sel-sel sehat yang menyehatkan kulit dan meningkatkan metabolisme. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kuman Berbahaya yang Bersembunyi di Gym


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler