Anggaran Dua Putaran Rp 11 Miliar

Jumat, 05 Februari 2010 – 05:36 WIB

BENGKAYANG - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkayang, Kamis (4/2) secara resmi menyampaikan tahapan pemilu kepala daerah ke DPRD BengkayangTahapan itu juga disampaikan kepada Pemkab Bengkayang yang diterima langsung Bupati Bengkayang, Jacobus Luna.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD S Darwis Luna yang memimpin rapat paripurna terbuka

BACA JUGA: Hari Ini DPP Golkar Tentukan Calon untuk Pilkada

Darwis dalam sambutannya menjelaskan, tahun 2010 di Kabupaten Bengkayang sangatlah berarti
Sebab, tahun ini pula ada suksesi kepemimpinan dengan digelarnya pemilu kepala daerah.

"Sesuai dengan UU, kepala daerah dipilih oleh rakyat dengan digelarnya pemilu kepala daerah

BACA JUGA: Dana Pilkada BU Rp 16,9 Miliar

Tugas pelaksanaan diserahkan kepada KPU,” kata Darwis
Politisi PDIP ini mengungkapkan, lembaga DPRD merupakan pengawas dan hendaknya KPU memberikan laporan setiap tahapan pelaksanaan pemilu kepala daerah tersebut

BACA JUGA: KPU dan Sekretariat Jalan Sendiri-sendiri

Dia juga memberikan apresiasi kepada KPU yang sudah bekerja keras menyusun tahapan pemilu kepala daerah tersebut sehingga bisa diserahkan ke DPRD.

Sementara itu, Ketua KPU Bengkayang, Edy A, dalam sambutannya mengungkapkan, sesuai dengan aturan, pemungutan suara paling lambat satu bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Bupati BengkayangPerlu diketahui, jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang, akan berakhir 10 Agustus 2010Saat ini, KPU sudah menjadwalkan tahapan pemilu hingga putaran kedua.

"Kita tidak bisa memprediksi apakah ada putaran kedua atau tidakTapi, KPU tetap menjadwalkannya dan juga meminta kepada pemerintah daerah untuk menyediakan anggaran bila itu digelar,” kata Edy.

Alumnus Fakultas Hukum Untan ini menyebutkan, KPU sendiri telah mengajukan anggaran dan sudah membahasnya bersama Pemkab BengkayangAnggaran yang disetujui oleh pemerintah, diakui Edy, adalah sebesar Rp 9,3 miliar untuk satu putaran dan Rp 2,7 miliar untuk putaran kedua.

"Tanggal 31 Desember 2009 lalu, kita sudah sepakat atas anggaran ini,” katanyaMantan aktivis mahasiswa ini menjelaskan, anggaran ini bersifat hibah dan sudah diatur"Nanti, kita bersama-sama menandatangani dana hibah tersebut,” katanya pula.

Di kesempatan ini, Edy sangat berharap, pemilu kepala daerah dapat berlangsung sukses dan damai"Kita sangat berharap, tidak ada terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama proses pelaksanaan pemilu kepala daerah,” ujarnya(zrf)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ikut Tim Sukses Pilkada, PNS Dipecat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler