Anggito dan Fachmi Tetap akan Dilantik

Rabu, 06 Januari 2010 – 17:19 WIB
Fachmi Idris Foto: Agus Srimudin/JPNN
JAKARTA - Dua calon wakil menteri, Fachmi Idris dan Anggito Abimayu, ditunda pelantikannya karena masih ada persyaratan administrasi yang belum dipenuhiNamun, keduanya sudah lolos fit and proper test dan menandatangani pakta integritas.

Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, menyatakan Fachmi dan Anggito tetap akan dilantik, namun masih menanti kelengkapan syarat administratif

BACA JUGA: SBY Warning Menteri Koalisi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak mau menabrak aturan bila memaksakan melantik Fachmi menjadi Wakil Menteri Kesehatan dan Anggito menjadi Wakil Menteri Keuangan, namun masih ada persyaratan administratif yang belum beres.

“Pelantikan untuk Fachmi dan Anggito bukan batal, tapi ditunda
Penundaan itu karena masih ada persyaratan administrasi yang belum dipenuhi

BACA JUGA: Anggodo Ngaku Belum Terima Panggilan

Kita tidak ingin menabrak aturan, makanya sebaiknya ditunda dulu,” kata Sudi di istana negara Jakarta, Rabu (6/1).

Persyaratan apa yang belum lengkap? Jabatan wakil menteri menduduki jabatan struktural eselon IA
Itu diatur dalam UU tentang Kementerian Negara, dan Peraturan Presiden No.47/2009 tentang Organisasi Kementerian

BACA JUGA: KPK Periksa Mantan Sekjen Dephub

Persoalannya, pihak istana terlambat mengetahui profil jabatan kedua tokoh muda itu“Kalau masih ada persyaratan yang belum dipenuhi, tapi dipaksanakan dilantik, berarti melanggar aturan yang kita buat sendiriMakanya, kita lihat dulu, ya naik pangkat dulu,” tukas Sudi.

Mantan Menseskab itu tak menjawab tegas saat ditanya kemungkinan batal dilantik“Belum sampai kesana kajiannyaTapi, nanti bila persyaratan sudah dipenuhi, segera dilantik,” paparnya.

Menteri Kesehatan, Endang Sedyaningsih mengatakan, Fachmi bukan pejabat karir di Departemen KesehatanTapi apakah dimungkin pejabat bukan pejabat karir menjadi wakil menteri? “Nanti kita pelajari lagi, bagaimana aturannya, bagaimana caranya,” papar Endang.

Fachmi Idris yang hadir dalam pelantikan rekan-rekannya itu, mengaku tidak kecewa“Saya tidak kecewaCeritanya begini, saya dihubungi istana tadi pagi (Rabu pagi, red)Disampaikan bahwa saya akan dilantik pada gelombang berikutHanya itu yang saya tahu,” kata Fachmi.

Alasan penundaaan pelantikan? “Saya tahunya dari media massa, katanya masih ada kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi.”

Kendati begitu, mantan ketua umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut mengaku sudah menandatangani pakta integritas untuk menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II“Karena saya sudah menandatangani Pakta Integritas, mungkin itulah disebutkan akan dilantik pada gelombang berikutnyaSaya serahkan sepenuhnya kepada Presiden,” papar Fachmi.(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Juni, Pemerintah Ajukan Kuota CPNS Baru


Redaktur : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler