Angin Puting Beliung Ancam Batam

Diperkirakan Mundul pada Akhir September Hingga Pertengahan Oktober

Senin, 19 September 2011 – 03:03 WIB

BATAM - Musim pancaroba atau musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan akan memicu terjadinya cuaca yang agak ekstrimMusim ini biasanya terjadi antara akhir September hingga pertengahan Oktober yang memungkinkan terjadinya angin puting beliung di sejumlah daerah di kota Batam. 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG, Hang Nadim Batam, Agus mengatakan daerah pesisir sangat rentan dengan angin puting beliung karena berdekatan dengan laut

BACA JUGA: Tol Purbaleunyi Dihantui Longsor Batu

Ia mengatakan daerah perairan yang lama mengeluarkan panas akan mempengaruhi adanya angin berat atau angin yang bisa membentuk pusaran dengan kecepatan yang tinggi.

Agus mengatakan jika angin puting beliung sudah terjadi, biasanya kecepatan anginnya akan berkisar sekitar 60 hingga 80 kilometer per jam
"Angin Puting beliung itu terjadi pada musim peralihan

BACA JUGA: Relokasi Pedagang Gedebage, Walikota Bandung Lepas Tangan

Biasanya di daerah pesisir atau pinggir laut
Kecepatannya bisa mencapai 80 kilometer per jam karena di pantai itu biasanya tidak ada objek yang menghalangi yang bisa memecah angin," katanya kepada Batam Pos (JPNN Group), Minggu (18/9).

Meski demikian, angin puting beliung ini tidak akan berlangsung lama

BACA JUGA: 80 Persen Istri Gugat Suami

Biasanya pusaran angin yang sangat berbahaya itu hanya sekitar 2 hingga 3 menit tetapi bisa merusak atap rumahAngin ini juga sangat membahayakan bagi para nelayan yang sedang melaut.

Agus mengingatkan para nelayan atau pelaut untuk waspada dengan tinggi gelombang laut yang tidak menentuKecepatan angin saat ini sangat susah diprediksi karena dengan cepat bisa berubah akibat pemanasan global yang terjadi.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Walikota Bandung Keluhkan Rusun Diterlantarkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler