Angkasa Pura II Sediakan 7 Fasilitas Touchless di Bandara Soetta

Rabu, 12 Agustus 2020 – 18:52 WIB
PT Angkasa Pura II menyiapkan fasilitas touchless di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Foto: AP II

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi COVID-19 tidak membuat Angkasa Pura II mengabaikan keselamatan personel maupun calon penumpang.

Itu salah satunya terbukti dengan kesiapan tujuh fasilitas touchless di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

BACA JUGA: 3 Fasilitas Baru Kelas Dunia Bikin Bandara Soetta Makin Istimewa

Inovasi AP II itu merupakan bukti keseriusan untuk menjaga keselamatan maupun kenyamanan para karyawan dan calon penumpang.

Saat ini tujuh fasilitas touchless dari inovasi Angkasa Pura II tersebut sudah bisa digunakan.

BACA JUGA: Penerbangan Sepi, Ini Strategi Angkasa Pura II di Tengah Pandemi Corona

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan, fasilitas serupa juga akan disediakan di bandara lain yang dikelola pihaknya.

“Ini sebagai upaya kami mengedepankan pencegahan penyebaran COVID-19 di bandara pada masa new normal,” kata Awaluddin, Rabu (12/8).

BACA JUGA: Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Apresiasi Protap Bandara Soetta

Dia menambahkan, saat ini fasilitas touchless yang diujicobakan di Bandara Soetta adalah smart helmet oleh petugas aviation security (avsec) di terminal penumpang.

"Kami berharap penggunaan smart helmet ini dapat memperketat pengawasan di tengah pandemi,” tutur Awaluddin.

Berikut fasilitas touchless yang sudah ada di Bandara Soekarno-Hatta:

1. Smart Helmet

Fasilitas ini digunakan oleh personel avsec untuk melakukan pengawasan. Helm itu bisa memberikan informasi mengenai suhu tubuh orang (contactless temperature detection), mode pengenal wajah (face recognition), dan pengenal plat kendaraan (license plate recognition).

Selain itu, helm tersebut juga mampu memberikan informasi perihal night vision/facility inspection, QR code scanner dan mengidentifikasi titik panas (thermographic diagnostic imaging). Melalui smart helmet, kapabilitas personel avsec meningkat dan dapat menjaga jalannya berbagai prosedur dengan ketat.

Awaluddin menjelaskan, petugas avsec yang menggunakan smart helmet bisa mengetahui suhu tubuh masing-masing orang.

Selain itu, mereka juga bisa mengidentifikasi wajah setiap orang berdasarkan informasi yang ada dan membaca QR code.

“Smart helmet ini sangat mendukung tugas avsec, terlebih pada era new normal,” ujar Awaluddin.

2. Body scanner/body inspection machine

Saat ini di security check point 2 (SCP 2) sudah ada body scanner atau body inspection machine bagi avsec untuk memeriksa penumpang pesawat tanpa bersentuhan (touchless).
Penumpang pesawat cukup masuk ke mesin body scanner. Mesin akan memeriksa apakah penumpang masih membawa barang tersembunyi atau tidak. Hasil pemeriksaan akan diinformasikan di layar monitor.

3. Travelation

PT Angkasa Pura II juga mengembangkan sistem yang diberi nama Travelation. Sebelum tiba di bandara, calon penumpang bisa mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. Misalnya, hasil rapid test.

Pemeriksaan dokumen kemudian dilakukan secara digital.

Melalui Travelation, pemeriksaan dokumen bisa dilakukan secara touchless dan tetap ketat.

4. VICA

Masyarakat kini bisa bertanya langsung mengenai berbagai informasi dan pelayanan di bandara-bandara AP II melalui Virtual Customer Assistant (VICA).

Layanan disediakan secara virtual atau tanpa tatap muka langsung. VICA menggantikan customer assistant secara fisik di terminal. Mau mengakses VICA? Silakan membuka situs www.angkasapura2.co.id

5. Penyesuaian tombol elevator/lift

Tombol elevator/lift di terminal 2 dan terminal 3 Bandara Soetta kini disesuaikan. Saat ini tombol bisa ditekan menggunakan alas kaki. Sebelumnya tombol harus ditekan dengan tangan.

Perubahan itu dilakukan untuk menghindari sentuhan langsung dari orang ke tombol lift.

6. UV Sterilizer

Eskalator dan travelator di dalam gedung terminal 3 Soekarno-Hatta kini dilengkapi dengan UV Sterilizer guna menghilangkan virus, bakteri dan kuman di handrail.

Alat pembersih ini terus bekerja dan difungsikan secara touchless guna mensterilkan handrail dan mencegah penyebaran COVID-19.

7. Wastafel otomatis

Saat ini semua wastafel ada di Bandara Soekarno-Hatta sudah menggunakan sistem otomatis. Pengguna cukup menaruh tangan di bawah keran. Air akan mengalir secara otomatis.

Di seluruh terminal juga terdapat mesin hand sanitizer otomatis yang dapat digunakan dengan cara sama dengan wastafel otomatis. (*)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler