Anies: Banyak Sekali Nelayan yang Mengeluh

Selasa, 06 Februari 2024 – 20:34 WIB
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan berkampanye di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2/2024). ANTARA/HO-Timnas AMIN

jpnn.com - PAREPARE - Calon Presiden Pemilu 2024 Anies Baswedan menilai nelayan penting mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Pasalnya, kehidupan para nelayan banyak yang di bawah garis kemiskinan. Wilayah melaut yang makin sempit dinilai berpengaruh terhadap pendapatan para nelayan sehari-hari.

BACA JUGA: Ganjar Berkomitmen Dorong Kaltim Berjaya di Bidang SDM dan SDA

Calon presiden nomor urut 1 ini mengatakan hal tersebut saat berkampanye di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2).

"Banyak sekali nelayan yang mengeluh. Mereka nelayan kecil yang ingin melaut jauh, tetapi mereka dipangkas oleh aturan hanya boleh melaut sejauh 12 mil dari tepi pantai," ujar Anies dalam keterangannya.

BACA JUGA: Jokowi Putuskan Hari Pencoblosan 14 Februari Sebagai Libur Nasional

Dia menjelaskan dengan makin sempitnya ruang lingkup melaut para nelayan, membuat kesejahteraan mereka tidak meningkat dan timpang dengan pelaku usaha perikanan yang sudah mapan.

Selain itu, kata Anies, bahan bakar solar juga sulit dijangkau, makin memperparah kondisi nelayan untuk melaut dam mencari nafkah.

BACA JUGA: Emil Dardak Mengeklaim Putusan DKPP Tidak Terkait dengan Pencalonan Gibran

"Sudah tidak bisa melaut jauh, solarnya juga sulit, apa yang mereka bisa rasakan kemajuannya? Insyaallah, perubahan akan terjadi pada nelayan," katanya.

Kampanye Anies di tempat tersebut tampak disambut antusias masyarakat Sulawesi Selatan.

Bahkan saat melakukan orasi politik, tiba-tiba seorang nelayan naik ke panggung dan langsung mengungkapkan keluhan dan harapannya kepada mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Kami tidak butuh makan gratis, susu gratis, yang kami butuhkan kesetaraan," kata Sappe yang merupakan perwakilan dari nelayan Pantai Pasir Putih Lumpue.???????

Sappe berharap masyarakat bisa diberi kelonggaran dalam mencari nafkah, terutama urusan izin berlayar hingga pajak melaut.

Selain itu, harapan agar mendapat layanan kesehatan yang layak dan pendidikan yang baik untuk anak-anak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... TKN Prabowo-Gibran Minta Bawaslu Menindaklanjuti Dugaan Kecurangan Pemilu di Malaysia


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler